Ketepatan Waktu Kereta India Mengalami Penurunan Akibat Faktor Keterlambatan

Keterlambatan kereta api kerap kali terjadi, bahkan India yang memiliki jaringan kereta terbesar kedua dunia pun mengalami hal tersebut. Dikatakan bahwa data yang disusun di Parlemen menunjukkan bahwa ketepatan waktu pemberhentian kereta di Chennai dan stasiun lain seperti Tamil Nadu dan Kerala memburuk selama tiga tahun terakhir.

Baca juga: Persinyalan Terganggu, Perjalanan Penumpang Kereta di Inggris Dialihkan

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman timesofindia.indiatimes.com, bahwa tingkat ketepatan waktu turun dari 88,3 persen di tahun 2015-2016 turun menjadi 80 persen di 2017-2018. Ketepatan waktunya sendiri pun setiap kelas kereta berbeda-beda baik kereta premium seperti Rajdhani dan Shatabdi hingga kereta ekspres dan super cepat telah turun.

Sayangnya hanya 76 persen kereta super cepat yang tepat waktu pada 2017-2018 sedangkan untuk Shatabdi 84,9 persen dan Rajdhani 72,76 persen. Dari penglihatan sepintas yang didapat dari keluhan kepada kereta api di media sosial menunjukkan sebagian besar keluhan bermasalah pada keterlambatan kereta.

Hal ini menyebabkan penurunan penumpang yang signifikan pada kereta api di Kerala, dimana penumpang pekerja kantoran beralih ke moda transportasi lain karena gaji mereka dipotong akibat melapor keterlambatan bekerja. Ini pun menyebabkan penurunan jumlah penumpang yang signifikan.

Tetapi beberapa pejabat kereta api mengatakan, sebagian besar tidak peduli dengan penundaan kecuali terlalu banyak laporan yang didapatkan. Sebuah survei yang dilakukan oleh divisi Chennai mendapatkan lebih dari 50 persen kasus kerusakan pada rel.

Sehingga para pekerja pemelihara yang bertanggung jawab atas keterlambatan perjalanan kereta. Alasan lain adanya penundaan adalah kegagalan sinyal, gangguan pada lokomotif, kecelakaan dipersimpangan hingga agitasi penumpang.

Beberapa aplikasi terkait jadwal kereta juga menginformasikan kepada penumpang tentang keterlambatan kereta secara real time, tetapi terkadang informasi tersebut salah.

Baca juga: Terlambat Karena Gangguan KRL? Jangan Lupa Minta Surat Keterangan Terlambat dari Petugas!

“Pada hari Minggu baru-baru ini, kereta api tertunda setidaknya tiga jam karena tergelincirnya kereta barang di dekat Katpadi. Namun, aplikasi Sistem Pengiriman Kereta Api Nasional kereta api menunjukkan bahwa kereta tepat waktu,” ujar K Baskar, anggota Komite Permusyawaratan Pengguna Kereta Api Divisi Chennai.

Sumber lain yang ada mengatakan angka ketepatan waktu mungkin tidak final. Bahkan surat edaran kereta api telah mengakui bahwa data-data tersebut tidak jelas.

Maria Okta

Share
Published by
Maria Okta

Recent Posts

Tingkatkan Daya Saing, TransNusa Gandeng China Aircraft Leasing

TransNusa, maskapai penerbangan domestik yang melayani penerbangan di daerah Indonesia timur, hari ini mengumumkan kerja sama strategis dengan China Aircraft…

25 mins ago

Hari Ini, Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Resmi Beroperasi

Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin dibawah pengelolaan PT Angkasa Pura I telah resmi mengoperasikan Terminal Baru pada 10 Desember 2019.…

1 hour ago

London Gatwick-Singapura, Menjadi Rute Penerbangan LCC Terjauh di Dunia!

Bagi Anda semua yang sudah tidak asing lagi dengan sektor aviasi global, mungkin Anda semua sudah mengetahui bahwa penerbangan berbiaya…

15 hours ago

Ferry Kereta, Penyambung Lintasan Jalur Kereta Antar Pulau

Ferry kereta merupakan sebuah moda laut yang berbentuk seperti kapal ferry pada umumnya, namun kapal ini mampu untuk membawa kereta api…

17 hours ago

Mengenal Arti Kode “PK” di Badan Pesawat Penumpang

Bagi Anda yang terbang dengan maskapai Garuda Indonesia, pasti tahu bahwa kode GA-123 adalah kode nomer penerbangan (flight number). Sementara…

19 hours ago

“Peninsula,” Jadi Sekuel Kedua Train to Busan, Tayang Musim Panas 2020

Masih ingat film Train to Busan yang pernah tayang tahun 2016 lalu? Ternyata film ini akan punya sekuel baru yakni…

20 hours ago