Ketika Mobil Mogok di Atas Rel Kereta, Inilah Solusi Mengatasinya

Ilustrasi rel kereta api

Seringkali mesin kendaraan mati mendadak saat melintas di atas rel dan karena kereta tak berada jauh, sudah pasti membuat panik pengemudi dan penumpang mobil. Tapi, sebenarnya apa sih sebabnya dan bagaimana cara untuk menyalakan mesin mati saat berada di rel?

Baca juga: Hadapi Perlintasan KA, Jangan Panik Tetap Waspada!

KabarPenumpang.com akan menjelaskan beberapa hal kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apa yang harus dilakukan pengemudi. Mobil mati atau mogok tiba-tiba di rel kereta api menjadi salah satu situasi yang menegangkan serta bahaya, bahkan tak jarang kasus kecelakaan mobil tertabrak kereta karena tak mau distarter.

Mesin mobil mati tiba-tiba karena adanya gesekan roda-roda kereta api dengan rel. Dimana ketika roda-roda kereta bergesekan dengan rel, maka terjadi impedansi atau hambatan listrik yang membuat mobil tidak mau menyala.

Efek impedansi sebenarnya tidak masalah bagi mesin yang hidup, tapi bagi mesin yang mati biasanya akan terkena efeknya. Efek impedansi terutama terjadi pada mobil berbahan bakar bensin, meski kadang pada kendaraan berbahan bakar solar juga terpengaruh.

Pada kendaraan berbahan bakar bensin, starter digerakkan oleh dinamo yang akan menghasilkan medan magnet untuk selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Proses inilah yang dihalangi oleh impedansi ketika mobil berada di atas rel.

Efek impedansi dapat terjadi meskipun kereta api masih berada 1,5 km jauhnya dari tempat mobil mogok di atas rel. Setelah tahu kenapa masalahnya, berikut ini cara mengatasinya, pertama yang jelas pengemudi tidak dalam kondisi panik, kemudian bunyikan klakson secara terus menerus dan starter mobil.

Karena dengan membunyikan klakson, dapat memutus aliran listrik yang tercipta dari gesekan-gesekan roda kereta api dengan rel sehingga memberikan kemungkinan untuk menyalakan mobil. Kedua segera keluar dari mobil dan mencari pertolongan untuk mendorong mobil.

Baca juga: Halau Rusa di Jalur Kereta, Peneliti Jepang Pasang Klakson Suara Anjing Melolong di Lokomotif

Tetapi jika tidak memiliki kesempatan untuk menyelamatkan mobil, tinggalkan mobil dan keselamatan nyawa Anda adalah yang paling penting dibanding mobil. Namun, bagaimanapun, setiap pengemudi disarankan untuk waspada dan tidak memaksa melalui palang kereta api setelah palang pintu hendak tertutup.

Sehingga mengalah untuk membiarkan kereta lewat terlebih dahulu. Karena ini adalah solusi terbaik untuk kelesamatan pengemudi dan penumpang di dalam kendaraan.