Kiwano 01, Moda Beroda Tunggal yang Dilengkapi Teknologi Self-Balancing

Sumber: Newatlas

Jika pada periode 1990-an banyak anak muda yang menggunakan skateboard dan sepeda BMX sebagai salah satu  tunggangan pribadinya, lain halnya dengan era millennium seperti sekarang ini. Kiwano 01 hadir sebagai salah satu moda darat pribadi yang menawarkan beberapa keuntungan dan pastinya akan membantu menunjang mobilitas Anda sehari-hari.

Baca Juga: Sirocco, Bus Dengan Roda Sejajar Calon Transportasi Masa Depan

Kiwano 01 adalah sebuah skuter listrik dengan roda tunggal yang mampu melaju hingga kecepatan maksimum hingga 32km/jam. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya Kiwano 01 ini kurang lebih sekitar satu jam. Dalam kondisi baterai terisi penuh, Kiwano 01 ini dapat menempuh jarak 32 km. Tentu saja beberapa fitur di atas dapat Anda rasakan dengan harga di bawah US$1000, sebuah harga yang cukup ekonomis apabila dibandingkan dengan keuntungan yang ditawarkan oleh skuter elektrik ini.

Sumber: Newatlas

Tidak hanya itu, moda futuristik ini juga dilengkapi dengan teknologi self-balancing, dimana para penggunanya tidak perlu bersusah-payah untuk menyeimbangkan badan ketika berada di atas Kiwano 01. Tentu saja, kehadiran teknologi self-balancing membuat perkembangan moda pribadi semacam ini menjadi semakin pesat. Berbeda dengan Embrio milik Bombardier atau The Ryno yang merupakan kompetitor Kiwano 01 dalam bidang moda roda tunggal, Kiwano 01 berbentuk layaknya sebuah skuter dengan roda tunggal, dimana kaki para penggunanya akan berada di samping roda tersebut. Berbentuk hampir sama dengan Segway, yang membedakan hanyalah dudukan kakinya.

Sumber: Newatlas

Kehadiran stang dalam kendaraan dengan bobot bersih seberat 16 kg ini tentunya akan mempermudah penggunanya untuk menyeimbangkan tubuh. Satu hal yang membuat moda transportasi pribadi ini menjadi semakin menarik adalah sebuah teknologi yang terpasang di Kiwano 01 ini memungkinkan para penggunanya untuk menggerakkan moda ini dan mengendalikannya dengan menggunakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh oleh pengguna Apple iOS dan Android. Tentu saja, bobot 16 kg dari kendaraan ini bukan menjadi masalah yang cukup berarti apabila Kiwano 01 mendadak mati karena kehabisan baterai.

Sumber: Newatlas

Sistem suspensi tunggal yang diadopsi oleh Kiwano 01 akan memberikan kenyamanan lebih bagi Anda jika menemukan jalanan dengan tekstur yang tidak rata. Sebuah LCD mini terpasang di bagian stang yang akan menunjukkan kecepatan dan indikator baterai. Lampu LED juga turut terpasang di Kiwano 01, bertujuan agar dapat terlihat pada malam hari. Apabila sudah lelah mengendarai Kiwano 01 atau hendak memarkirkannya, Anda cukup menurunkan sebuah standar yang terletak pada bagian belakang roda.

Seperti KabarPenumpang.com melansir dari newatlas.com, Kamis (25/5/2017), Oliver Evans selaku CEO dari Kiwano mengatakan masa depan dari tranportasi di dunia akan didominasi oleh kendaraan elektrik dimana Kiwano dipaksa untuk menciptakan sebuah produk dengan kemampuan serta penginstalan perangkat yang mutakhir.  “Kami memiliki banyak produk premium, dan kami bertujuan untuk membawa produk-produk tersebut ke puncak penjualan pasar,” ungkap Oliver.

“Kami juga menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi, seperti baterai dengan kualitas terbaik (LG) dan material premium (carbon fiber) untuk kerangka Kiwano 01, jadi secara tidak langsung kami memanjakan pembeli dengan bahan-bahan yang tahan lama, sehingga orang akan banyak mendapat keuntungan dan manfaat dari produk kami,” tambahnya.

Oliver menambahkan, Ia dan Kiwano bersinergi untuk mengembangkan bisnis kendaraan masa depan yang dinilai akan menjadi suatu moda transportasi pokok di masa yang akan datang. Ia juga mengatakan, sudah ada sebuah peta bisnis yang akan mengantarkan Kiwano menuju pengenalan berbagai produk baru kelak. “Produk khusus untuk anak-anak dan remaja, sebuah perangkat dengan dua roda dan … masih ada lagi, namun kami tidak bisa mengungkapkan itu semua. ” tutup Oliver.