Kolaborasi Google dan Levi’s Buahkan Jaket Pintar, Apa Saja Kelebihannya?

Sumber: istimewa

Satu lagi, perkembangan teknologi yang dijamin akan mempermudah aktifitas Anda sehari-hari. Setelah kurang lebih dua tahun merancangnya, akhirnya Google yang bekerja sama dengan Levi’s merilis sebuah jaket pintar yang dapat mengendalikan sebuah smartphone. Melalui divisi Advanced Technology and Projects (ATAP), Google sempat memberikan bocoran mengenai produk jaket pintar ini dalam perhelatan I/O pada tahun 2016 silam.

Baca Juga: Google Pasang WiFi di Bus Sekolah Untuk Kemudahan Siswa di Pedesaan

Sebagaimana yang dilansir oleh KabarPenumpang.com dari laman krollontrack.co.uk (21/7/2017), jaket ini didesain khusus untuk para pesepeda. Layaknya perangkat wearable lainnya seperti headset, jaket ini juga bisa melakukan hal serupa, seperti mengontrol music, menjawab panggilan masuk, hingga mengakses fitur navigasi. Untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, Anda cukup menyentuh panel yang terletak di bagian lengan jaket. Panel tersebut bertenagakan sebuah baterai yang mampu bertahan selama dua hari dalam sekali pengisian.

Menurut pimpinan Project Jacquard di Google, Ivan Poupyrev, pemilik jaket ini diwajibkan untuk mengunduh sebuah aplikasi smartphone agar bisa menghubungkan panel tersebut ke smartphone, sekaligus memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia, seperti mengatur bahwa dua ketukan di panel sentuh berarti perintah untuk menyalakan aplikasi musik, dan lain sebagainya.

Sumber: zetizen.com

Dilansir dari sumber terpisah, pihak Google mengatakan mereka tengah berupaya untuk mengembangkan jaket pintar ini lebih jauh. Dengan harapan, mereka bisa memasang berbagai aplikasi lainnya ke platform jaket pintar sehingga pengguna mengakses fitur yang lebih banyak. Lebih lanjut, pihak Google mengatakan jaket bernama Commuter Trucker ini akan dipasarkan pada Musim Gugur 2017 kelak.

Hingga saat ini, para pengguna iPhone nampaknya harus gigit jari, karena platform yang ada di Commuter Trucker ini baru bisa diakses lancar oleh para pengguna smartphone Android. Kehadiran jaket ini tentu membawa angin segar, bukan hanya di bidang teknologi saja, melainkan dari sektor transportasinya juga. Dewasa ini, ada banyak sekali kecelakaan yang diakibatkan oleh pengendara yang memainkan ponselnya. Himbauan demi himbauan sudah dilayangkan oleh pihak yang berwajib mengenai bahayanya memainkan ponsel sembari berkendara, namun para pengemudi bandel ini seolah tidak mengindahkan nasihat tersebut.

Baca Juga: Ford Hadirkan Layanan Bike Sharing, Kok Bisa?

Diharapkan, hadirnya jaket pintar ini bisa menekan angka kecelakaan akibat keteledoran pengemudi. Jaket berbahan jeans ini tersedia untuk pria dan wanita dalam berbagai ukuran. Untuk membawanya pulang, Anda harus merogoh kocek yang lumayan mahal, yaitu US$350 atau setara dengan Rp4,6 juta. Apakah Anda berniat untuk memilikinya?