Kolektor Ribuan Miniatur Pesawat, Tampilkan Koleksinya di Bandara Shannon

Michael Kelly pemilik miniatur pesawat (passengerterminaltoday.com)

Koleksi sesuatu? Anda mungkin memiliki barang yang disukai dan akhirnya mengoleksi hingga tanpa sadar ternyata sudah banyak. Biasanya barang-barang yang dikoleksi pun berbagai macam, boneka, pajangan, miniatur gedung bahkan miniatur kendaraan seperti bus, taksi, kereta hingga pesawat.

Baca juga: Rahasia di Bandara yang Tak Semua Diketahui Penumpang

Ya, membahas barang koleksi, ada yang unik di dapat KabarPenumpang.com saat melansir passengerterminaltoday.com (6/7/2018), dimana seorang pensiunan tukang ledeng memiliki koleksi pesawat model terbanyak di dunia. Karena banyaknya sehingga dipamerkan di Bandara Shannon Irlandia.

Pemilik pesawat model ini adalah Michael Kelly (67) dari Farranshone, Limerick yang sudah mengumpukannya selama 50 tahun. Diketahui ada lebih dari 1500 pesawat model yang sudah dikumpulkannya.

Kelly mulai mengumpulkan koleksinya pada masa remajanya dan menghabiskan €25 ribu ($29 ribu) atau setara dengan Rp416 juta dalam setahun. Sebelum dipamerkan di Bandara Shannon, Kelly menghiasi sebuah rumah pertanian dekat sungai Shannon dengan koleksi pesawat model tersebut.

Bahkan inilah yang membuat Direktur Operasional Bandara Shannon Niall Maloney bersepakat dengan Kelly untuk memajangkan koleksi miniatur pesawat tersebut di bandara.

“Saya telah mendengar dari rekan-rekan tentang koleksi ini di sebuah rumah di Limerick dan, tentu saja, tentang Kelly dan disarankan untuk melihatnya. Ketika kamu masuk melalui pintu depan, ada pesawat yang tersisa dariku, ada pesawat tepat dariku, ada pesawat di depanku. Mereka ada di mana-mana. Itu adalah surga penggila penerbangan,” ujar Maloney.

Koleksi Kelly kemudian di tempatkan dalam unit-unit pajangan di area galeri khusus di luar ruang tunggu keberangkatan bandara itu. Semua ukuran pesawat itu 1:200 dan mencakup berbagai model Concorde seperti pesawat Sunderland yang dimiliki oleh Al Capone dari tahun 1930an, pesawat terbesar dunia Antonov, pesawat yang tidak pernah terbang Spurce Goose dari Huges Aircraft Company pesawat Ryanair Boeing 737 pertama dan koleksi lengkap Aer Lingus.

Baca juga: Saking Nyamannya, 9 Bandara Ini Buat Penunjungnya Lupa Pulang

Maloney mengatakan, saat pertama bertemu Kelly, antusiame tentang pengetahuan semua pesawat ini datang langsung. Dia tahu semua jenis pesawat dan memiliki cerita sejarah di belakang pesawat ini.

Tak hanya itu, Kelly pun tahu pesawat-pesawat tersebut diterbangkan dimana dan siapa pilot yang menerbangkannya. Maloney mengatakan, ini adalah koleksi pesawat model terbesar di dunia dan pihaknya pun senang dengan niat baik Kelly yang memperbolehkan koleksinya berada di Bandara Shannon.

“Saya tidak menyesal sedikit pun. Itu adalah perjalanan yang sangat sulit yang benar-benar saya kagumi. Tidak ada penyesalan. Saya tergugah bahwa mereka ada di Shannon sekarang. Ini adalah pekerjaan yang dilakukan dengan baik sejauh yang saya ketahui. Saya merasa pribadi adalah pencapaian luar biasa,” ungkap Kelly.