Kompas Digital, Tetap Presisi dalam Wujud Aplikasi di Smartphone

0
Fourlook.com

Pernah menggunakan kompas? Kompas disini bukan sebuah media melainkan alat pembaca arah saat berada di suatu tempat seperti gunung, hutan ataupun laut. Biasanya kompas menunjukkan arah utara dan selatan untuk memudahkan si pengguna mencari arah barat atau lainnya. Saat ini, kompas juga sudah dibuat modern dengan teknologi atau sering di sebut kompas digital.

Sebenarnya kompas dalam bentuk digital tujuan awalnya adalah untuk melengkapi kebutuhan robotika yang semakin hari semakin canggih. Apalagi dunia teknologi atau robotika saat ini membutuhkan alat navigasi yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, kompas digital pertama kali diciptakan oleh PNI, iNC untuk militer AS. Teknologi ini biasanya disebut “Magneto-Inductive” yang sudah digunakan sejak 60 tahun lalu dan sudah di gunakan oleh milliter AS.

Namun, apakah kompas digital dengan yang manual cara kerjanya sama? Dilansir KabarPenumpang.com dari Wikipedia, cara penggunaan dan memperoleh informasi dari kompas digital adalah dengan membaca sinyal Pulse Width Modulation (PWM) pada pin empat atau dengan membaca interface I2C pada pin dua dan tiga. Biasanya kompas digital ini menggunakan sensor yang cukup sensitif untuk mendeteksi medan magnet bumi. Selain cukup akurat, penggunaan kompas digital bisa dikombinasikan dengan peta sehingga arah yang diinginkan ditunjukkan dengan lebih mudah.

Penggunaan kompas digital ini juga tergantung dengan pengenalan lokasi, sebab kompas cara kerjanya mengacu pada padang magnetik bumi. Pergeseran arah dari pengenalan lahan magnet bumi sendiri terpengaruh dari kandungan logam yang terdapat pada kendaraan. Hal ini bisa mempengaruhi keakuratan kompas. Sehingga saat menggunakan kompas digital ada baiknya barang-barang yang memiliki gelombang elektromagnetik harus di jauhkan bila ingin mendapatkan arah yang akurat dari kompas digital ini.

Kemampuan kompas sangat tergantung dengan pengenalan lokasi. kompas mengacu pada padang magnetik bumi. pergeseran arah dari pengenalan padang/lahan magnet bumi bisa terpengaruh oleh kandungan logam yang terdapat pada kendaraan, sehingga kekakuratan penunjukan arah sedikit terpengaruh. Selain itu alat-alat yang menghasilkan gelombang elektromagnetik juga dapat mempengaruhi keakuratan penunjukkan arah oleh kompas digital, oleh karena itu barang tersebut harus dijauhkan jika ingin mendapat penunjuk arah yang akurat dari kompas digital ini.

Berikut ada beberapa aplikasi kompas yang disarankan untuk digunakan pada smartphone Anda.

1. Aplikasi kompas Android offline – Compass 360 Pro
Dari segi tampilan aplikasi kompas offline ini berkesan profesional, tidak hanya itu namun juga kegunaannya yaitu untuk memberi petunjuk jalan secara akurat. Keakuratan aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi, tidak hanya bekerja pada negara – negara besar saja namun aplikasi ini juga dapat digunakan di negara – negara Asia termasuk pula di Indonesia. Untuk menggukanannya cukup mudah, Anda hanya perlu memposisikannya secara horizontal dan tidak mendekatkannya dengan benda yang mempunyai energi magnet. Compass 360 Pro ini merupakan aplikasi kompas android paling akurat.

Compass 360

2. Aplikasi kompas Android offline – 3D Compas
3D Compass merupakan aplikasi kompas lain dengan fitur offline untuk Android yang memungkinkan Anda menemukan arah ketika tersesat. Aplikasi kompas ini menampilkan kompas 3D dan menunjukkan orientasi dalam derajat. Aplikasi android ini dilengkapi dengan banyak fitur yang dapat Anda sesuaikan, seperti : lock, calibration, compass skin dan lain – lain. Anda dapat menandai lokasi saat ini sehingga Anda tidak kehilangan jalan ketika Anda tersesat.

3. Aplikasi kompas Android offline – Compass
Walaupun tampilan aplikasi kompas ofline Android ini sederhana namun untuk keakuratan Anda tidak perlu ragu. Untuk Anda yang hobi mendaki gunung dan berpetualang tidak perlu khawatir tersesat saat ditemani oleh aplikasi ini. Compass dapat menunjukan Latutude dan Longititude, selain itu Anda juga dapat menentukan arah secara detail dan akurat. Untuk menggunakan aplkasi ini Anda cukup mengaktifkan koneksi walaupun tidak terdapat sinyal dan pastinya aktifkan pula fitur pelacak satelit pada Android Anda.

4. Smart Compass Pro
Aplikasi kompas lain yang bisa digunakan secara offline adalah Smart Compass Pro. Aplikasi ini akan selalu menunjukkan arah utara meski tampilannya diubah dari portrait menjadi landscape atau sebaliknya. Menariknya lagi, ia memiliki fitur camera view dan metal detector.

smart pro compass

5. Kompas
Buat kamu yang hobi melakukan kegiatan outdoor seperti piknik, hiking, dan sejenisnya, maka wajib memiliki aplikasi yang satu ini. Tidak perlu di ragukan lagi, Kompas memiliki keakuratan sebagai penunjuk arah dengan fungsi sensor magnetik yang sangat akurat.

Leave a Reply