Korban Tewas 23 Orang, 35 Tahun Lalu Terjadi Kecelakaan Kereta Terburuk di Kanada

0
Kanada Nation Rail dan Via Rail tabrakan (unifor4000.com)

Sebanyak 23 orang tewas dan 71 luka-luka dalam tabrakan kereta 35 tahun lalu atau pada 8 Februari 1986 yang terjadi antara Kanada Nation Rail kereta barang dengan Via Rail kereta penumpang yang disebut Super Kontinnental. Tabrakan ini terjadi di hamparan jalur utama lintas benua di barat Edmonton dekat kota Hinto, Alberta.

Baca juga: Kereta Barang Tergelincir di Kongo, Sepuluh Penumpang Gelap Tewas

Awalanya kereta barang meninggalkan Edson dan sempat dihentikan di pinggir jalan di luar Medicine Lounge sekitar 38 km agar dua kereta menuju timur bisa melintas. Kemudian kereta barang itu kembali melaju dan setelah menempuh lima kilometer kereta tiba di Hargwen di bagian jalur ganda.

Dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, petugas operator kereta di Edmonton mengatur sakelar kendali ganda sehingga kereta barang mengambil jalur utara. Pada waktu yang hampir bersamaan Super Kontinental dihentikan di Hinton.

Kemudian ketika Super Koninental mendekati jalur ganda, operator CTC memeasang tombol kendali ganda di Dalehurst ke jalur selatan. Sebelum sinyal “berhenti” di titik kontrol Dalehurst, sinyal ini menunjukkan warna kuning yang berarti awak kereta perlu mengurangi kecepatan kereta menjadi 48 km per jam.

Namun saat kereta barang melewati sinyal peringatan ini, investigasi kecelakaan menemukan bahwa kereta tersebut melaju dengan kecepatan 95 km per jam atau sekitar 14 km per jam lebih cepat dari batas untuk melintasi bentang rel itu. Sayangnya tidak ada upaya yang dilakukan oleh awak kereta barang untuk memperlambat sebelum atau sesudah melewati sinyal tersebut.

Karena kereta barang tidak melambat, lokomotifnya kemudian bertabrakan dengan Super Kontinental yang melaju. Dua lokomotif utama hancur dan mewasakan awaknya, gerbong depan dan gerbong barang tergelincir yang menyebabkan bahan bakar diesel dari lokomotif menyulut api dan membuat gerbong penumpang terbakar dan 18 dari 36 penumpang meninggal.

Akibatnya selain korban tewas dan luka, gerbong-gerbong di kereta barang saling menumpuk sehingga menimbulkan tumpukan puing yang besar. Di kereta penumpang, satu gerbong ditabrak oleh gerbong barang setelah terlempar ke udara karena kekuatan tabrakan, menewaskan salah satu penumpangnya.

Setelah bagian belakang kereta barang berhenti, Conductor Smith di dalam gerbong kereta, berusaha menghubungi bagian depan kereta sebelum menghubungi layanan darurat setelah melihat kebakaran. Karena insiden ini, pemerintah Kanada membentuk komisi penyelidikan yang dipimpin Hakim René P. Foisy dari Court of Queen’s Bench of Alberta.

Baca juga: Akibat Petugas Sinyal Tak Sabar, 189 Nyawa Melayang Pada Kecelakaan Kereta 81 Tahun Lalu di Jalur Sakurajima

Penyelidikan yang berlangsung selama 56 hari audiensi publik dan menerima bukti dari 150 pihak. Penyelidikan itu menyimpulkan bahwa tidak ada satu orang pun yang harus disalahkan, melainkan mengutuk apa yang digambarkan Foisy sebagai budaya pekerja kereta api yang menghargai kesetiaan dan produktivitas dengan mengorbankan keselamatan.

Leave a Reply