Thursday, June 13, 2024
HomeBus dalam kotaKorea Selatan Hadirkan Pembayaran Tarif Bus dengan Sistem Bluetooth

Korea Selatan Hadirkan Pembayaran Tarif Bus dengan Sistem Bluetooth

Pembayaran tanpa uang tunai atau cashless kini sudah jamak. Solusi terbaru datang dari Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, dimana penumpang yang akan bepergian menggunakan bus tak lagi membayar tarif dengan mengetuk kartu ke pembaca nirsentuh di dalam bus tetapi dengan sistem baru.

Baca juga: Apple Pay dan Google Pay Dilarang di Rusia, Metro Moskow Kacau

Sistem itu adalah menggunakan teknologi Bluetooth untuk memungkinkan pembacaaan tarif onboard di dekat pintu bus. Nantinya, perangkat pembaca tarif akan mendeteksi sinyal Bluetooth dari ponsel pintar penumpang saat mereka naik dan turun dari bus.

Pelanggan yang ikut serta dalam uji coba tidak perlu lagi mengetuk pembaca nirsentuh onboard untuk membayar

Sistem tersebut mulai digunakan pada Jumat (18/3/2022) lalu dan Senin (21/3/2022), sebanyak 1.760 bus yang melintasi 212 rute di seluruh provinsi, akan dilengkapi dengan teknologi pembayaran tarif baru. Kehadiran sistem ini, membuat bus tingkat dan dua pintu dikeluarkan dari skema itu.

KabarPenumpang.com melansir dari laman koreaherald.com (18/3/2022), untuk menggunakan sistem Bluetooth ini, penumpang perlu menginstal aplikasi Tagless pay di ponsel pintar Android mereka. Penumpang juga akan bisa menggunakan layanan tersebut setelah mendaftaran kartu transit pra atau pasca bayar untuk pembayaran otomatis.

Bagi penumpang yang menggunakan iPhone, diharuskan membali stiker kartu Cashbee dari Naver Shopping dan menempelkannya di bagian belakang ponsel mereka sebelum menginstal aplikasi. Harga stiker tersebut adalah 12.000 won atau sekitar Rp141 ribu.

Penumpang juga bisa mendapat diskon transfer ketika berpindah bus atau kereta bawah tanah yang tidak menyediakan layanan. Bagi mereka yang tidak dapat atau tidak mau menginstal aplikasi termasuk orang tua, masih dapat menggunakan uang tunai atau kartu transportasi seperti biasanya.

Baca juga: LinkAja Resmi Jadi Pembayaran Non Tunai Pertama di TransJakarta

Sejak Januari, kantor provinsi telah menjalankan program percontohan untuk layanan di daerah-daerah tertentu termasuk Gimpo, Uijeongbu dan Pocheon. Untuk diketahui sebelum digunakan sepenuhnya pada Maret kemarin, sistem ini sudah diuji mulai Juni tahun lalu dan dikembangkan oleh Korea Selatan Loca Mobility.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru