Kuda Oranye dari Tulungagung Sampai Grup Musik Asal Bandung Pakai Nama Harapan Jaya

0
PO Harapan Jaya dengan livery kuda

Bepergian via lintas pantura Pulau Jawa, apalagi yang ke arah Jawa Timuran biasanya akan bertemu dengan bus berciri khas body berwarna oranye dan putih serta livery bergambar kuda yang masih dipertahankan sampai saat ini, hingga kemudian dijuluki Kuda Oranye dari Tulungagung. Inilah bus milik PO Harapan Jaya yang didirikan oleh almarhum Harjaya Cahyana tahun 1977 silam di Tulungagung.

Baca juga: Luxury Class Sleeper Bus PO Harapan Jaya, Fasilitas “Mewah” dengan Harga Terjangkau

Pada awal berdirinya, PO Harapan Jaya hanya mengandalkan 3 unit armada saja. Ketiga bus ini melayani trayek Surabaya-Kediri-Tulungagung PP. Namun tak berhenti disitu saja, pada tahun 1993 PO Harapan Jaya yang saat itu masih berbadan hukum perusahaan CV bangkit untuk melebarkan sayapnya dan menjangkau trayek-trayek lain yakni Tulungagung-Jakarta PP. Keputusan besar yang diambil untuk lebih maju ini membuahkan hasil manis, sehingga mengembangkan trayek lain seperti Tulungangung-Surabaya PP, kemudian Lampung.

Hingga saat ini PO Harapan Jaya sudah melayani trayek menuju Blitar, Cikarang, Bekasi, Jakarta, Bogor, Tulungagung, Merak dan Lampung. Tak hanya melayani penumpang biasa, PO Harapan Jaya juga masuk dalam layanan bus pariwisata yang siap mengantarkan ke seluruh Pulau Jawa, Sumatera, Bali dan Lombok.

Karena sangat memperhatikan kenyamanan penumpangnya, selain memiliki kelas Ekonomi dan Patas AC untuk trayek lokal Jawa Timur. Harapan Jaya juga membuka layanan bus kelas Executive, Super Luxury dan VIP dengan trayek dari Tulungagung ke Jawa dan Sumatera.

Bus yang digunakan oleh Kuda Oranye dari Tulungagung ini memiliki casis dan mesin dari Mercedes-Benz (OH 1526, 1626 dan 1836), Hino (RK8 dan RN285), Volvo B7R dan Scania K310, K360 dan K380. Apalagi baru-baru ini, PO Harapan Jaya menambah armada busnya dengan bus mewah Scania K360 dengan bodi SHD Tentrem Avante.

Baca juga: Jauh Sebelum Motobus, Ternyata Sudah Ada Jasa Kirim Motor via Bus AKAP!

Ya, ternyata nama Harapan Jaya tak hanya digunakan oleh Perusahaan Otobus (PO) saja melainkan sebuah grup band asal Bandung menggunakan nama ini. Ternyata band yang digawangi oleh Edi Brokoli ini mengambil nama Harapan Jaya dari bus tersebut karena sering ditumpangi oleh para personil band tersebut.

Leave a Reply