Kurangi Sampah Plastik, London Hadirkan Keran Air Siap Minum Gratis Untuk Penumpang

(networkrailmediacentre.co.uk)

Sampah plastik yang semakin hari terus bertambah dan menjadi salah satu yang mengotori laut. Ini terkadang membuat biota laut terancam kehidupannya, karena plastik bisa terlihat seperti ubur-ubur saat mengambang di dalam laut yang kemudian di makan oleh ikat atau hewan laut lainnya.

Baca juga: Agar Aman Menggunakan Keran Air Siap Minum, Perhatikan Tips Berikut Ini!

Karena hal ini, Network Rail akhirnya meluncurkan kran air untuk minum secara gratis di Stasiun London Charing Cross. Ini dihadirkan untuk para penumpang agar bisa mengisi ulang botol mereka melalui kran air mancur demi mengurangi sampah plastik.

KabarPenumpang.com melansir dari laman networkrail.co.uk, kehadiran kran air gratis untuk minum yang ada di London Charing Cross juga akan tersebar di stasiun lainnya hingga akhir tahun 2018 ini. Penempatan fasilitas kran air minum gratis tersebut akan di letakkan di tempat yang praktis dan mudah di temukan penumpang.

“Hari ini kami meluncurkan kran air minum gratis pertama kami di stasiun London Charing Cross. Kami berharap bahwa dengan membuat perubahan kecil ini, kami tidak hanya membantu memuaskan dahaga pengguna stasiun kami, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan dengan mengurangi plastik sekali pakai,” ujar Mark Carne, chief executive Network Rail.

“Sebagai salah satu pemilik tanah terbesar di Inggris, kami selalu mencari cara terbaik untuk secara positif mengubah, melindungi, dan meningkatkan lingkungan Inggris dan itu adalah ambisi kami untuk mengurangi limbah yang kami kirim ke TPA untuk sedekat mungkin ke nol.”

Jaringan Rail juga berkomitmen untuk mengurangi konsumsi energi sebesar 18 persen dan emisi karbon sebesar 25 persen selama lima tahun ke depan. Menteri Lingkungan Hidup Thérèse Coffey mengatakan dengan mengisi botol air pihaknya bisa membuat perbedaan nyata dan membantu melindungi lautan dan kehidupan laut yang berharga. Salah satu tantangan besar adalah menggunakan bahan plastik saat bepergian termasuk di hub transportasi seperti stasiun kereta api.

Baca juga: Toyota Luncurkan SORA, Bus Berbahan Bakar Sel yang Ramah Lingkungan

“Itulah mengapa Network Rail layak mendapatkan kredit besar untuk memperkenalkan kran air minum baru ini, yang akan memberikan akses gratis kepada komuter ke air minum bersih dan aman yang sangat baik, dan saya harap ini akan menjadi yang pertama dari banyak air mancur di seluruh jaringan kereta api dan di seluruh negeri,” ujar Coffey.

Inisiatif ini sejalan dengan pendekatan berkelanjutan untuk semua yang kementerian lakukan, memahami bagaimana peran kementerian mempengaruhi lingkungan secara lokal dan global.