Kursi di Gerbong Menghadap Laut, Inilah “Sea Rail” Kereta Wisata Khas Pesisir Korea Selatan

0
Sea Rail. Foto: Wikipedia

Mau menyusuri sepanjang pantai timur Korea Selatan? Sea Rail menjadi solusi yang memudahkan pelancong. Pasalnya, kereta yang mulai beroperasi sejak 25 Juli 2007 ini akan membawa pelancong menyusuri wilayah pantai timur Korea Selatan. Sea Rail sendiri adalah kereta wisata yang dioperasikan oleh Korail Tourism Development.

Baca juga: Inilah Stasiun Jeongdongjin, Stasiun Kereta Paling Dekat dengan Laut di Dunia

Sea Rail menempuh jarak sejauh 36 mil atau sekitar 58 km melalui Gangneung, Donghae dan Samcheok. Ketiga kota ini semuanya berada di Gangwon-do yang memberikan pemandangan ke arah Laut Jepang. Ketiga kota ini bersama dengan Korail Tourism mengembangkan perjalanan kereta api wisata terintegrasi.

Kursi gerbong Sea Rail menghadap ke laut. Foto: Wikipedia

Persisnya Korail memberikan kontribusi layanan kereta penumpang dan ketiga kota menginvestasikan uang untuk memodifikasi gerbong penumpang biasa dengan konfigurasi kursi menghadap langsung ke laut. Lantaran melayani jalur di sepanjang pantai timur, kereta ini sering disebut kereta laut atau Sea Rail.

Ini adalah salah satu renovasi kereta industri dan bagian dari inisiatif pengembangan pariwisata Korail pada pertengahan 2000-an untuk mengubah jalur kereta api industri batubara yang ada. Bahkan bisa dikatakan layanan ini telah menurun menjadi jalur tur.

Sea Rail memiliki empat gerbong dengan tiga diantaranya mempunyai kursi yang menghadap ke jendela untuk membuat penumpang bisa melihat pemandangan laut. Gerbong keempat memiliki kursi keluarga yang mana penumpang bisa duduk saling berhadapan.

Dinding interior kereta dicat dengan warna biru laut untuk mensimulasikan dunia bawah laut. Ada beragam kegiatan penumpang di kereta, mulai dari pembicaraan tentang daerah Gangneung dan Samcheok, menikmati musik dan berbagi cerita melalui pesan teks. Tak hanya itu, ada juga yang meminta gerbong kereta untuk charter prosesi lamaran pernikahan.

Sea Rail juga berhenti di Stasiun Jeongdongjin yang pernah dipopulerkan oleh drama Korea tahun 90-an yang populer yakni The Hourglass. Menjadi populer dikalangan masyarakat Korea Selatan, Jeongdongjin merupakan tempat melihat matahari terbit dan juga karena memiliki beberapa aktivitas wisata lokal di luar kereta seperti sepeda rel yang membentang dari Stasiun Jeongdongjin ke tempat-tempat lokal.

Baca juga: Hubungkan Laut Merah dan Laut Mediterania, Mesir Kembangkan Jaringan Kereta Cepat

Untuk perjalannya sendiri dari Stasiun Gangneung ke Stasiun Samcheok memakan waktu sekitar satu jam sepuluh menit. Sea Rail menggunakan jalur Yengdong dengan fasilitas selain pemandangan laut adalah katering kafe di dalam gerbong.