Laboratorium Simulator Kereta Api Hadir di Massachusetts untuk Bantu Teknisi

Simulator kereta (Global Railway Review)

Keolis Commuter Services yang bermitra dengan Otoritas Transportasi Teluk Massachusetts (MBTA) merancang, membangun dan menguji laboratorium simulator kereta api komuter baru dan simulator kereta kontrol di Somerville, Massachusetts. Laboratorium ini sendiri dirancang untuk memberikan pelatihan lanjutan pada para teknisi.

Baca juga: Indonesian Train Simulator, Rasakan Sensasi Menjadi Masinis Kereta Indonesia

Dilansir KabarPenumpang.com dari globalrailwayreview.com (24/7/2018), dalam laboratorium ini terdiri dari ruang kelas, simulator kereta kontrol dan simulator lokomotif yang dibangun dari kabin kereta HSP46.

“Simulator mobil dan lokomotif baru kami adalah alat canggih yang akan membantu kami lebih meningkatkan pelatihan insinyur dan kinerja kereta komuter. Di lab baru ini, kita dapat menciptakan situasi yang realistis di jalur kereta api yang kita inginkan agar para insinyur kami saat ini dan baru mengalami. Ini membantu tim kami lebih siap untuk mengoperasikan kereta api komuter dan menanggapi tantangan dengan lebih cepat dan efektif,” kata avid Scorey, General Manager dan CEO, Keolis.

Dia mengatakan, ini juga tergantung pada arah perjalanan para teknisi mengoperasikan kereta api komuter baik dari lokomotif maupun kereta kontrol yang menjadi kereta terakhir pada rangkaian. Saat ini teknisi sudah berlatih di dalam lab dan 12 orang diantaranya akan menyelesaikan program resmi pertama menggunakan simulator pada 19 Agustus 2018 mendatang.

Tak hanya itu, selama beberapa bulan kedepan semua teknisi baru dan yang sudah, akan berpartisipasi pada pelatihan serupa dalam simulator.

“Investasi seperti ini menunjukkan komitmen tanpa akhir kami untuk meningkatkan budaya keselamatan kami. Merangkul teknologi seperti lab simulator baru ini membantu kami untuk menciptakan kembali situasi di bawah kondisi seperti kehidupan dan akan membantu membawa modul pelatihan kami ke tingkat berikutnya,” ujar Luis Manuel Ramirez, Manajer Umum MBTA.

Terletak di kantor MBTA dan Keolis di Somerville, Massachusetts, simulator tersebut menciptakan kembali profil infrastruktur trek, platform, stasiun dan bangunan di sepanjang jaringan. Getaran kursi, suara dan pengalaman visual 360 derajat menciptakan lingkungan pelatihan yang realistis.

Kontrol dan fitur di dalam simulator lokomotif dan simulator mobil kontrol sesuai dengan apa yang ada di kereta nyata. Instruktur dapat menyesuaikan lingkungan untuk setiap saat sepanjang hari, yang mencerminkan cahaya nyata atau eksposur gelap dan menerapkan berbagai kondisi cuaca, seperti hujan, salju dan musim gugur ketika daun dan puing-puing menciptakan kondisi rel yang licin.

Baca juga: Depo KRL Terbesar di Asia Tenggara, Ternyata Ada di Depok

Sebelumnya, insinyur akan berlatih dalam kondisi ini hanya ketika cuaca diizinkan. Sekarang, dengan lab baru ini, para insinyur dapat berlatih dalam segala kondisi cuaca setiap saat sepanjang tahun.

Sebagai bagian dari program baru ini, para insinyur akan menghabiskan 40 jam atau lebih di simulator, serta melanjutkan pelatihan langsung dengan seorang supervisor. Desain, konstruksi dan pengujian simulator lokomotif dan kontrol kereta membutuhkan waktu beberapa tahun untuk diselesaikan.