(Lagi), Awak Pesawat Gunakan Kabel Ties Untuk Lumpuhkan Penumpang

Sumber: foxnews.com

Ada-ada saja memang tingkah laku penumpang, seperti yang terjadi pada maskapai Southwest Airlines, Senin (29/5/2017) dimana seorang penumpang membuat onar di dalam maskapai tersebut. Kejadian tersebut terekam kamera salah seorang yang turut berada di dalam Flight 3630 tersebut. Seperti KabarPenumpang.com lansir dari cbsnews.com, Selasa (30/5/2017) kemarin, penumpang yang disinyalir dalam kondisi mabuk tersebut terpaksa dilumpuhkan oleh pihak keamanan. Pada saat kejadian tersebut berlangsung, kondisi pesawat hendak lepas landas dari Bandara Internasional McCarran sekitar pukul 19.30 waktu setempat.

Baca Juga: Pukul Kru Pesawat Pakai Teko Kopi, Penumpang Ini Terpaksa Diikat Kabel Ties

Kejadian ini bermula ketika pihak Southwest Airlines mendapati salah seorang penumpangnya berada di bawah pengaruh minuman keras. Ia berlari sambil menjerit-jerit sebelum akhirnya bersembunyi di dalam kamar kecil pesawat. Kru maskapai lalu berusaha untuk mengeluarkan orang tersebut keluar dari penerbangan tersebut agar tidak mengganggu jadwal penerbangan. Ia lalu diciduk dan dikeluarkan dari maskapai guna diamankan, namun usaha tersebut sia-sia ketika Ia kembali berlari sambil menjerit dan berusaha untuk masuk ke dalam toilet maskapai tersebut.

Guna mencegah pria tersebut masuk ke dalam pesawat, pihak keamanan terpaksa menjegal lalu menduduki tubuh pria tersebut. Tak berselang lama, awak Southwest Airlines menghampirinya dan menjemputnya. Setelah dinaikkan ke dalam pesawat, pria tersebut diikat di kaki-kaki bangku pesawat dengan menggunakan kabel ties, sembari salah seorang awak Southwest Airlines tetap mendudukinya.

Salah seorang saksi mata dalam insiden tersebut mengatakan pesawat sudah akan berangkat, namun sekonyong-konyong pria ini berlari menuju toilet sembari berteriak. “para petugas berusaha untuk mengeluarkannya dari toilet dan mengusirnya keluar dari maskapai ini,” tuturnya. Ia dan penumpang lain yang dapat memperhatikan kejadian tersebut melalui kaca jendela mengatakan, pria mabuk tersebut sangat ini berada di toilet. “Setelah keluar dari pesawat, pria tersebut masih berusaha untuk masuk kembali ke dalam toilet, entah ada apa di dalamnya,” terang salah satu penumpang dalam maskapai yang sama tesebut.

Menurut sumber, salah seorang pramugari mengalami luka akibat perkelahian tersebut. para saksi mengatakan, pria tersebut masih berteriak dengan tidak jelas saat akan dievakuasi kedua kalinya dari pesawat. Akibat insiden di atas, pesawat yang dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Midway, Chicago pada pukul 01.00 dini hari waktu setempat terpaksa mengalami keterlambatan selama kurang lebih satu jam.

Baca Juga: Kompas Digital, Tetap Presisi dalam Wujud Aplikasi di Smartphone

Menanggapi kejadian ini, pihak Southwest Airlines mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa prioritas utamanya adalah keamanan dan keamanan pelanggan dan karyawannya. “Penumpang menjadi tak terkendali namun karyawan kami memiliki kecakapan dalam menangani situasi semacam itu, paling tidak hingga pihak yang berwajib tiba untuk menindak lanjuti penumpang yang disinyalir dalam keadaan mabuk tersebut,”

Perusahaan menambahkan, “Karyawan kami akan menolak siapapun yang tampak mabuk, dan juga terampil untuk mengatasi penumpang yang tidak dapat diatur dan / atau membuat gangguan dalam penerbangan.”