Lagi-Lagi Proyek High-Speed Rail Malaysia dan Singapura Ditangguhkan

0
ilustrasi kereta high speed rail (freemalaysiatoday.com)

Lagi, lagi dan lagi, sepertinya kata-kata ini cocok untuk proyek High-Speed Rail (HSR) yang akan dibangun dari Malaysia ke Singapura. Pasalnya pihak Malaysia mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya telah sepakat dengan Singapura untuk menangguhkan proyek tersebut hingga 31 Desember 2020 mendatang.

Baca juga: Proyek High Speed Rail Malaysia-Singapura Ditangguhkan Hingga 31 Mei 2020

“Malaysia telah meminta untuk memperpanjang periode penangguhan untuk memungkinkan kedua belah pihak untuk membahas perubahan yang mereka pikirkan. Kami sedang mempertimbangkan permintaan mereka dengan serius,” Menteri Transportasi Singapura Khaw Boon Wan mengatakan dalam sebuah posting di halaman Facebook-nya.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman bangkokpost.com (31/5/2020), Khaw mengatakan bahwa Menteri Senior Malaysia Azmin Ali menulis kepadanya untuk meminta perpanjangan dalam membahas usulan perubahan Malayasia dalam proyek tersebut. Khaw menambahkan, karena setiap perubahan proyek membutuhkan persetujuan pihaknya, maka penangguhan yang diperpanjang akan memungkinkan kedua negara untuk menilai perubahan yang ada dalam pikiran Malaysia.

“Dalam semangat kerja sama bilateral, kami telah sepakat untuk perpanjangan akhir dari periode penangguhan hingga 31 Desember 2020. Ini harus menyediakan waktu yang cukup bagi Malaysia untuk mengklarifikasi proposal dan bagi kedua belah pihak untuk menilai implikasi dari perubahan yang diusulkan,” kata Khaw.

Dalam pernyataan terpisah, Datuk Seri Azmin, yang juga Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia, mengatakan kedua pemerintah telah sepakat untuk melanjutkan diskusi “dalam waktu dekat”.

“Diskusi akan mencakup beberapa perubahan yang diusulkan dalam aspek komersial dan teknis proyek,” tambahnya.

Azmin mengatakan dia telah diminta oleh kabinet negaranya untuk memimpin tim Malaysia dalam diskusi dengan Pemerintah Singapura mengenai proyek tersebut. Pengumuman datang pada hari yang sama dengan batas waktu untuk memutuskan nasib proyek, setelah kedua negara sepakat untuk menangguhkannya selama sekitar dua tahun pada bulan September 2018.

Baca juga: 10 Poin Utama Pada Proyek Kuala Lumpur–Singapore High Speed Rail

Keputusan tersebut telah mendorong tanggal penyelesaian untuk jalur kereta 350 km dari akhir 2026 hingga Januari 2031. Kementerian Transportasi Singapura mengkonfirmasi bahwa pemerintah Malaysia telah memberi tahu Singapura bahwa ia akan mengusulkan beberapa perubahan pada proyek HSR dan meminta perpanjangan tujuh bulan.

Untuk diketahui, sebelumnya penangguhan pembangunan proyek High-Speed Rail (HSR) Kuala Lumpur-Singapura 350 km telah diperpanjang hingga 31 Mei 2020.

Leave a Reply