(Lagi) Penumpang Lempar Koin ke Dalam Mesin Pesawat, Lucky Air Tunda Keberangkatan CZ380

Sumber: The Independent

Apakah anda masih ingat dengan insiden dimana seorang nenek yang berusia 80 tahun melemparkan koin ke dalam mesin pesawat yang menyebabkan maskapai China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ380 mengalami keterlambatan keberangkatan? Jika Anda masih ingat, maka kejadian yang juga terjadi di Cina ini akan kembali membangkitkan memori Anda. Ya, dikabarkan seorang penumpang maskapai Lucky Air melemparkan koin ke dalam mesin pesawat sebagai pertanda peruntungan yang baik.

Baca Juga: Lempar Koin ke Mesin, China Southern Airlines Alami Delay 5 Jam

Jangan tanyakan apakah yang dilakukan oleh penumpang berjenis kelamin pria ini menyebabkan pesawat mengalami keterlambatan keberangkatan atau tidak – karena jawabannya sudah pasti mengganggu jadwal keberangkatan. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman independent.co.uk (25/2/2019), adalah Lu, penumpang yang melemparkan koin ke dalam mesin sebelah kiri maskapai Lucky Air pada Minggu (17/2/2019) kemarin. Namun tidak seperti si nenek, petugas Lucky Air menemukan dua koin pecahan satu yuan di bawah mesin pesawat – diperkirakan koin tersebut jatuh dan tidak masuk ke dalam mesin.

Khawatir ada koin yang berhasil masuk ke dalam mesin, terpaksa pihak maskapai melakukan pengecekan secara menyeluruh dan ini berimbas pada pengunduran waktu keberangkatan hingga keesokan harinya. Alhasil, sebanyak 162 penumpang yang dijadwalkan mengudara dari Anqing menuju Kunming di Tiongkok terpaksa dibatalkan.

Terkait insiden ini, maskapai Lucky Air dikenakan biaya denda akibat batal mengudara senilai 140.000 yuan atau yang setara dengan Rp292,5 juta dan pihak maskapai akan membawa Lu ke jalur hukum guna menyelesaikan masalah ini. Kabar terakhir menyebutkan, Lu telah diadili dan mendekam di balik jeruji besi selama tujuh hari lamanya.

Baca Juga: Delay Luar Biasa, 6 Maskapai Ini Pecahkan Rekor!

Sebenarnya, kasus pelemparan koin ke dala mesin pesawat ini tidaklah hanya sekedar dua contoh di atas saja. Sebelumnya, pernah ada kasus dimana seorang penumpang layanan Lucky Air juga yang pernah menerapkan aksi serupa. Buntutnya? Tentu saja penundaan keberangkatan dengan alasan keselamatan penerbangan.

Memang, tradisi lempar koin di kebudayaan Buddha kerap diindikasikan sebagai pembawa keberuntungan atau untuk menolak bala.