Lama Tak Terpakai, Gerbong Tua Ini Disulap Jadi Kamar Hotel Mewah

The Santos Express Train Lodge di Southern Cape, Afrika Selatan

Ketika mengingat gerbong kereta yang lama tak terpakai, teringat gerbong-gerbong yang bertumpuk di Purwakarta. Dimana stasiun kereta Purwakarta selain masih aktif melayani kereta api juga menjadi kuburan untuk gerbong-gerbong kereta tua dan tak lagi digunakan.

Baca juga: Kuburan Tak Selalu Seram, Stasiun Purwakarta Saksinya

Padahal, gerbong-gerbong tersebut mungkin saja masih bisa digunakan. Nah, KabarPenumpang.com mencoba merangkum dari berbagai sumber dimana gerbong-gerbong kereta api tua disulap menjadi sebuah hotel ataupun penginapan.

Ruang kamar di The Santos Express Train Lodge

Padahal biasanya sebuah hotel bertingkat, namun para pengusaha memiliki ide lain dengan merubah gerbong kereta menjadi sebuah hotel yang nyaman. The Santos Express Train Lodge, hotel ini menggunakan kereta tua yang diparkir tepat dipinggir pantai Santos, Kota Pelabuhan Mossel Bay, Southern Cape, Afrika Utara.

Gerbong tua yang dijadikan hotel ini ada tujuh gerbong yang dibagi menjadi beberapa bagian. Empat gerbong pertama, dibuat menjadi kamar tidur tetapi kamar mandi ada di bagian luar kamar alias pelancong harus berbagi kamar mandi dengan tamu lainnya.

Kemudian gerbong kelima dibuat menjadi tipe bangsal dengan tempat tidur tingkat atas bawah untuk pelancong dengan budget minim. Sedangkan dua gerbong terakhir dibuat menjadi suite yang dinamakan Royal Ladies.

Bangsal dan pemandangan di The Santos Express Train Lodge

Gerbong yang digunakan untuk suite Royal Ladies ini berasal dari tahun 1920 isi masing-masing gerbong tersebut ada dua suite yang luas. Karena hotel tersebut berada di pinggir pantai, maka pemandangannya pun pasir putih dan air laut berwarna biru yang cukup menenangkan.

Jika pelancong bosan di kamar, bisa menikmati pantai dengan berjemur atau bermain air laut. Selain bisa menikmati pantai yang indah, restoran dalam hotel ini menyediakan menu-menu tradisional Afrika Selatan seperti boboti yang merupakan daging cincang dengan lumuran saus gurih dan minuman waterblommetjiebredie yang terbuat dari air rebusan bunga.

Tarif untuk menginap di hotel ini cukup terangkau sehingga bisa menjadi tempat favorit pengunjung jika sedang berada di Souther Cape. Tak hanya di Afrika Selatan saja yang menjadikan gerbong tua sebagai hotel, sebuah stasiun tua di Allerston, North Yorkshire, Inggris menjadi tempat peristirahatan tiga gerbong tua.

Stasiun ini bernama Wilton Stasion dan berganti nama menjadi Ebberston station pada tahun 1900an. Kemudian stasiun tua tersebut dikelola Mark dan Carol Benson menjadi sebuah penginapan dengan menyebutnya sebagai The Old Station.

The Old Stasion

Uniknya, The Old Stastion ini menggunakan tiga gerbong kereta tua yang ada di sana menjadi penginapan. Sebelumnya tiga gerbong tua ini saat masih beroperasi merupakan kelas satu dan masih memiliki dapur, tempat bersantai, dua hingga tiga kamar tidur, kamar mandi, pemanas, televisi dan pemilik penginapan melengkapinya dengan pemutar DVD.

Baca juga: Jejak Sejarah Stasiun Medan, Sisakan Kenangan Menara Jam Antik

Untuk membuat kesan tuanya, beberapa ciri dari interior gerbong kereta ini tetap asli dan di pertahankan. Sebab Carol dan Mark ingin pelancong yang menginap di kereta tersebut benar-benar merasakan suasana kereta.

Penginapan yang sudah beroperasi sejak 22 tahun lalu ini menjadi salah satu tujuan wisata menarik. Tidak hanya bagi pelancong lokal melainkan mancanegara dari anak-anak hingga orang tua senang menghabiskan waktu di gerbong tua ini.