Last Flight, Boeing 747-458 El Al Airlines Lukis Penampakan Indah di Udara

1
Boeing 747-458. Sumber: wikipedia

Mungkin Anda akan sedikit kebingungan ketika mendengar frasa, “ada sebuah pesawat yang menggambar sebuah pesawat”. Ya, frasa tersebut bukanlah analogi dari suatu tindakan atau apapun itu, melainkan manuver yang dilakukan oleh Boeing 747-458 milik maskapai asal Israel, El Al Airlines. Manuver yang dilakukan oleh pesawat ini membentuk pola dari pesawat Boeing 747-458 yang digunakan. Usut punya usut, ini merupakan sebuah aksi akrobatik yang dilakukan oleh pilot sebagai tanda perpisahan atau last flight dari pesawat tersebut.

Baca Juga: Bukan Nama Anak Artis, Ini Dia Fakta Unik Seputar El Al Airlines

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, penerbangan El Al Airlines dengan nomor penerbangan LY1747 ini sendiri terjadi pada Minggu, 3 November 2019 kemarin dari Roma, Italia (FCO) menuju Tel Aviv, Israel (TLV). Adapun gambar yang dilukiskan oleh sang pilot di udara ini tertangkap radar udara yang bisa Anda lihat di laman flightradar24.com.

Mulanya, pesawat melakukan prosedur mengudara secara normal, layaknya penerbangan pada umumnya. Pilot kemudian melakukan take-off dan mulai climbing ke ketinggian jelajah 37.000 kaki. Kurang lebih dua jam setelah pesawat mengudara, pilot mulai menurunkan ketinggian jelajah ke angka 10.000 kaki – atau tepatnya ketika pesawat berada di sebelah barat daya Siprus.

Sumber: istimewa

Di titik tersebut, pilot mulai melakukan manuver berkelok hingga pada akhirnya membentuk pola Boeing 747 dengan sangat presisi. Setelah sukses menggambarkan pola Boeing 747 ini di udara, pilot kembali menaikkan ketinggian jelajah ke level 31.000 kaki sebelum akhirnya  ke Tel Aviv.

Baca Juga: [Hari ini 42 Tahun Lalu] Puncak Pembajakan Lufthansa Flight 181 yang Fenomenal

Di laman flightradar24.com, Anda juga bisa melihat bahwa pesawat mengalami penurunan ketinggian jelajah dengan sangat signifikan, yaitu dari angka 37.000 kaki ke 10.000 kaki hanya dalam waktu 12 menit saja. Manuver seekstrem ini tentu saja hanya bisa dilakukan oleh pilot yang sudah benar-benar berpengalaman.

Selain itu, jika Anda lihat juga hasil gambar dari Boeing 747-458 tersebut, maka Anda akan bisa ketelatenan dari sang pilot, dimana ia dapat secara presisi menggambar di udara. Keren sekali!

1 COMMENT