Wednesday, July 17, 2024
HomeBandaraLayanan Imigrasi di Bandara Changi Sabet Peringkat Terbaik di Dunia

Layanan Imigrasi di Bandara Changi Sabet Peringkat Terbaik di Dunia

Meski petugas imigrasinya tidak murah senyum kepada para pelancong, namun, pelayanan imigrasi di Bandara Internasional Changi justru meraih peringkat tertinggi di seluruh dunia, atau menyabet gelar sebagai bandara dengan pelayanan imigrasi terbaik di dunia.

Baca juga: Proses Imigrasi Makin Cepat, Kini Total Ada 69 Unit Autogate di Bandara Soekarno-Hatta

Changi mendapatkan gelar Layanan Imigrasi Bandara Terbaik Dunia melalui survei kepuasan penumpang yang dilakukan oleh organisasi pemeringkat transportasi udara Inggris Skytrax. Survei ini dilakukan sejak Agustus 2023 hingga Maret 2024.

Melansir VNexpress, penumpang yang hendak melancong di Singapura mengaku puas dengan layanan yang diberikan kantor imigrasi Bandara Changi. Hal tersebut dinilai berdasarkan waktu tunggu, sistem antrean, jalur prioritas, sistem dan efisiensi e-gate, serta efisiensi dan kesopanan staf imigrasi.

Bandara Changi mempunyai fasilitas layanan imigrasi yang canggih, mulai dari check-in dan registrasi masuk otomatis, sistem autentika biometrik, dan kecerdasan buatan untuk mengangkut bagasi. Seluruh fasilitas tersebut memberi kemudahan bagi penumpang yang akan berlibur maupun sekadar menjadikan Bandara Changi sebagai transit.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Bandara Zurich di Swiss yang memiliki fasilitas dan layanan hampir sama seperti Bandara Changi. Kemudian, di tempat ketiga disinggahi Bandara Internasional Bahrain, dan tempat keempat diisi oleh Bandara Seoul Incheon di Korea Selatan.

Untuk Kunjungan Singkat di Singapura, Bandara Changi Siapkan Fasilitas Khusus Pelancong Bisnis

Bandara Changi Singapura merupakan bandara terbaik di dunia selama bertahun-tahun karena layanan, hutan hujan indoor, dan air terjun indoor tertinggi di dunia. Namun, mereka harus mengalah dengan Bandara Internasional Hamad di Qatar yang tahun ini dinobatkan sebagai yang terbaik.

Untuk bandara di Indonesia, saat ini belum masuk dalam daftar bandara terbaik maupun layanan imigrasi terbaik. Namun, pemerintah terus berupaya meningkatkan pelayanan di sejumlah bandara internasional dan memperbaiki kinerja layanan imigrasi.

Berikut daftar bandara dengan layanan imigrasi terbaik di dunia:
1. Bandara Changi
2. Bandara Zurich
3. Bandara Bahrain
4. Bandara Incheon
5. Bandara Taoyuan
6. Bandara Helsinki
7. Bandara Hamad
8. Bandara Hong Kong
9. Bandara Muscat
10. Bandara Roma-Fiumicino

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru