Layani Kendaraan Listrik, Momentum Dynamics Rilis Halte Berdaya 200 Kilowatt Nirkabel

Sumber: newatlas.com

Perkembangan teknologi yang kian merambah seolah memaksa setiap orang untuk turut berada di dalamnya agar tetap dapat bersaing, tidak terkecuali di dunia transportasi. Dewasa ini, sudah banyak perusahaan-perusahaan bus dari seluruh penjuru dunia yang mulai beralih menggunakan armada berbasis tenaga listrik yang didukung oleh pabrikan seperti Hyundai, Daimler, BYD, hingga Proterra.

Baca Juga: Seorang Desainer Industri Rancang Halte Bus yang Dilengkapi Pengisian Daya EV Nirkabel!

Berbicara soal bus listrik, tak lengkap rasanya jika tidak menginggung soal sistem pengisian dayanya. Jika pada artikel sebelumnya sudah pernah dibahas soal seorang desainer yang merancang halte lengkap dengan stasiun pengisian daya listrik nirkabel untuk bus, kini sebuah perusahaan yang berbasis di Pennsylvania, Amerika, Momentum Dynamics, diketahui tengah memasarkan charger nirkabel berkekuatan 200 kilowatt pertama di Negeri Paman Sam sebelah Utara.

Seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (20/4/2018), Momentum Dynamics sendiri telah menguji coba charger nirkabel ini pada bus listrik yang menggunakan mesin BYD di Wenatchee, Washington beberapa waktu yang lalu. Bus tersebut mengisi daya sembari melakukan pemberhentian secara rutin. Bus-bus ini tidak melulu melakukan operasi secara terus-menerus, ada kalanya mereka berhenti – semisal menaik-turunkan penumpang atau berganti pengemudi. Nah, di saat itulah daya mereka diisi ulang.

Salah satu pihak dari Momentum Dynamics mengatakan bahwa ketika bus listrik BYD K9S melakukan pemberhentian terjadwal di Link Transit di Wenatchee selama 5 menit, baterainya secara nirkabel akan menerima lebih dari cukup daya untuk ‘menggelinding’ di rute berikutnya. Cara pengisiannya pun cukup sederhana, bus hanya perlu berhenti di atas mesin pemancar yang tertanam di jalan dan pengisian daya pun akan mulai secara otomatis.

“Kesederhanaan konsep pengisian dan kapasitas daya yang mampu disalurkan kepada bus-bus listrik ini memungkinkan setiap armada melakukan perjalanan secara terus menerus sepanjang hari tanpa harus melakukan pemberhentian khusus untuk mengisi daya,” tutur salah seorang juru bicara dari Link Transit, Todd Daniel.

Baca Juga: North Carolina Canangkan Halte Bus dengan Tenaga Surya

“Kami berencana untuk memperluas sistem pengisian daya nirkabel ini hingga ke wilayah pedesaan dalam waktu dekat ini. Hadirnya prasarana semacam ini secara tidak langsung akan mendorong program penggunaan 100 persen moda elektrik,” timbalnya. Momentum Dynamics memperhitungkan bahwa penghematan biaya potensial untuk operator bus yang menjalankan armada listrik dapat menambah hingga jutaan dolar setiap tahun, dibandingkan dengan armada kendaraan diesel dan hibrida.