Layani Pasar Bengkulu Utara, Wings Air Buka Penerbangan ke Mukomuko

Penerbangan rute baru Bengkulu-Mukomuko (Lion Air Group)

Meningkatnya tren pelancong untuk berwisata ke daerah-daerah yang jarang terjamah, membuat Wings Air membuka rute baru ke Mukomuko yang berada di Provinsi Bengkulu. Letaknya yang cukup jauh dari ibukota provinsi sebenarnya memiliki letak strategis karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat.

Baca juga: Wings Air, Akhirnya Buka Penerbangan ke Karimunjawa dari Semarang

Membuka rute baru ke Mukomuko, menjadikan Wings Air satu-satunya maskapai yang memiliki penerbangan di rute tersebut. Rute penerbangan ini akan dilayani dengan frekuensi terbang satu kali setiap hari pergi pulang (PP).

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, penerbangan perdana dari Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu pukul 10.40 WIB dengan nomor penerbangan IW-1134 dan tiba di Bandara Mukomuko pukul 1120 WIB. Penerbangan sebaliknya dengan nomor IW-1135 berangkat pukul 11.40 WIB dari Mukomuko dan tiba di Bandara Fatmawati Soekarno pukul 12.20 WIB.

“Pembukaan jaringan terbaru dilayani dengan frekuensi terbang satu kali setiap hari pergi pulang (PP). Inaugural flight mencatatkan tingkat isian penumpang (load factor) 65 persen. Selanjutnya akan ditargetkan mengalami peningkatan lebih dari 80 persen,” ujar Danang melalui siaran pers yang diterima KabarPenumpang.com, Kamis (25/10/2018).

Danang mengatakan, Wings Air akan terus melakukan evaluasi pasar, jika segmen rute ini berada pada level positif, maka tidak menutup kemungkinan untuk menambah frekuensi atau membuka jaringan yang terhubung ke destinasi lain. Penerbangan akan menggunakan ART-72-500 dan 72-600.

“Perluasan jaringan tersebut menjadi bukti nyata dari langkah strategis Wings Air dalam menyediakan kemudahan akses melalui transportasi udara salah satunya yaitu menghubungkan wilayah setingkat kabupaten dengan kota yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Kehadiran Wings Air di Mukomuko diharapkan mampu menjawab dari tingginya permintaan pengusaha, masyarakat dan wisatawan terkait kebutuhan penerbangan. Kami optimis, kesungguhan Wings Air untuk mengembangkan Bengkulu dengan didukung inisiasi maupun program dari berbagai pihak menjadi solusi terbaik sejalan mempermudah lalu lintas orang dan membantu percepatan distribusi barang ataupun logistik,” ujar Operations Director of Wings Air, Capt. Redi Irawan.

Baca juga: Punya ATR 72-600 Baru, Wings Air Punya Kini Punya 61 Armada

Penerbangan Wings Air dari Kota Bengkulu ke Mukomuko telah memberikan nilai lebih kepada kalangan pebisnis dan wisatawan, antara lain melengkapi moda angkutan yang sudah ada, alternatif baru bagi penduduk lokal dalam bepergian serta efektivitas perjalanan dengan durasi lebih efektif berkisar 30 menit dibandingkan waktu tempuh darat sekitar 6-7 jam (247 km). Tonggak penting ini sekaligus menghidupkan kembali suasana Mukomuko sebagai destinasi baru dalam menciptakan petualangan seru tak terlupakan.

Mukomuko ialah pintu masuk ke Bengkulu bagian utara, yang menyimpan sumber daya bisnis, jasa, perdagangan, argoindustri, industri kreatif, pariwisata dan lainnya sebagai kawasan ekonomi baru. Bagi pelancong, Kota Bengkulu dan sekitarnya sangat popular berjuluk Bumi Raflesia yang semakin terkenal sebagai salah satu spot instagenic.