Saturday, February 24, 2024
HomeDaratLebih Cepat dari Jadwal, Sydney Trains Berhasil Mencapai Nol Emisi

Lebih Cepat dari Jadwal, Sydney Trains Berhasil Mencapai Nol Emisi

Jaringan kereta api di negara bagian New South Wales (NSW), Australia, kini berubah menjadi seratus persen bersih tanpa emisi empat tahun sebelum tanggal target melalui kesepakatan energi terbarukan. Perkembangan ini mengartikan bahwa jaringan itu menjadi pertama di Australia yang melakukan transisi seperti ini.

Baca juga: Pulau Shakalin di Rusia Akan Dilayani Kereta Hidrogen

KabarPenumpang.com melansir laman railway-technology.com (21/10/2021), sebelum menjadi nol emisi, diketahui bahwa pemerintah NSW menandatangani perjanjian empat tahun dengan Red Energy milik Snowy Hydro untuk pasokan listrik agar memberi daya pada jaringan di proyek tersebut. Perjanjian ini akan membuat Red Energy membeli sertifikat energi terbarukan atas nama Sydney Trains.

Sydney Trains dan NSW TrainLink saat ini dikatakan menyumbang hampir 1,3 persen dari konsumsi listrik negara bagian. Menteri Transportasi dan Jalan NSW Rob Stokes mengatakan, operator kereta api mereka telah mencapai target nol emisi 2025 dengan menjadi jaringan kereta api pertama di Australia yang beralih ke energi yang sepenuhnya hijau.

“Transportasi adalah salah satu konsumen energi terbesar, dan kami berinvestasi dalam energi terbarukan untuk masa depan yang lebih hijau bagi pelanggan dan negara kami,“ ujar Stokes.

Dia mengatakan, lebih dari 3.200 layanan kereta terjadwal setiap hari kerja. Di mana jaringan kereta komuter bukan hanya sumber kehidupan vital NSW, tetapi memimpin transisi Australia ke jaringan transportasi umum tanpa karbon.

“Melalui perjanjian ini, Sydney Trains telah mempercepat tujuan awal kami untuk mencapai nol emisi bersih pada tahun 2025 menjadi kenyataan yang segera dan lebih hijau, menempatkan kereta api di garis depan tindakan Pemerintah NSW dalam pengurangan emisi,“ ujar CEO Sydney Trains Matt Longland.

Longland mengatakan, kontrak pasokan listrik mereka sebesar seratus persen terbarukan mulai saat ini hingga akhir tahun keuangan. Dia menyebutkan, bahwa pihaknya bersiap ke pasar untuk menguji solusi guna mempertahankan komitmen terhadap energi terbarukan di masa depan.

Sydney Trains bertujuan untuk meminimalkan konsumsi energinya setidaknya sepuluh persen pada tahun 2025. Ini akan dicapai melalui peningkatan pencahayaan, optimalisasi operasi kereta api, serta pembangkit energi surya di 27 lokasi di seluruh jaringan.

Baca juga: Desiro ML Cityjet Eco, Kereta Bertenaga Baterai Elektro-Hybrid dari Siemens Mobility

Bulan lalu, Transport for New South Wales memberikan perpanjangan kontrak kepada usaha patungan RailConnect NSW untuk 56 mobil penumpang dek ganda tambahan untuk armada Mariyung. Konsorsium RailConnect NSW adalah perusahaan patungan yang terdiri dari Hyundai Rotem Company, Mitsubishi Electric Australia, dan perusahaan CIMIC Group UGL. Setelah dikirimkan, Armada Antar Kota Baru akan bertambah menjadi 610 gerbong.






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru