Ledakkan Boeing 747 Asli untuk Film Tenet, Sutradara Christopher Nolan: Lebih Efisien

0
Adegan Boeing 747-200F dengan nomor registrasi pabrik LN-WTJK ditabrakkan dalam sebuah adegan film Tenet. Foto: Tangkapan layar trailer Tenet

Sutradara kenamaan Hollywood, Christopher Nolan disebut melakukan langkah konyol sekaligus berani. Betapa tidak, belum lama ini, ia dilaporkan gigih memperjuangkan agar salah satu adegan dalam karya terbarunya, Tenet, menggunakan Boeing 747 asli untuk ditabrakkan ke sebuah bangunan mirip hanggar dan seketika hancur berkeping-keping.

Baca juga: Wow, Kaca Film Sekarang Bisa untuk Jendela Pesawat

Sebetulnya, ia tak berencana menggunakan Boeing 747 asli untuk diledakkan. Sebagaimana film-film pada umumnya, awalanya ia hanya berencana untuk menggunakan minatur, set-piece build, kombinasi efek visual, dan berbagai teknologi lainnya (CGI atau computer-generated imagery).

“Awalnya aku terpikir untuk membuat miniatur. Tapi setelah melakukan penghitungan, akan lebih efisien bila kami membuat adegan tersebut betulan dengan pesawat yang juga sungguhan,” ungkap Nolan kepada GamesRadar, seperti dikutip dari sea.ign.com.

Sementara itu, Robert Pattinson, salah satu aktor utama dalam film Tenet menyebut bahwa ide Christopher Nolan untuk meledakkan Boeing 747 asli sebagai ide konyol. Namun demikian, aktor yang namanya melejit lewat film Twilight ini juga menyebut keputusan itu sebagai langkah berani.

“Kamu tidak akan berpikir ada kenyataan di mana kamu akan melakukan adegan di mana mereka hanya memiliki 747 yang sebenarnya untuk diledakkan!” katanya.

Dihimpun KabarPenumpang.com, harga pesawat Boeing 747 bekas di pasaran memang tergolong murah sekalipun semuanya tergantung tahun produksi. Jadi, sangat relatif. Misalnya, di situs telstarlogistics.typepad.com Boeing 747-200 keluaran tahun 1970-an dibanderol sekitar $100,000 atau Rp1,4 miliar lebih (kurs 14,6210).

Di situs lainnya, Boeing 747-400F keluaran tahun 2013 masih dibanderol dengan harga tinggi, mencapai $29,700,000 atau lebih dari Rp419 miliar (kurs 14,6210). Adapun pesawat yang digunakan Christopher Nolan untuk diledakkan dalam salah satu adegan di film Tenet tidak disebutkan dengan rinci jenis dan tahun pembuatannya.

Hanya saja, dari kode registrasi pesawat yang terlihat dalam trailer Tenet tercantum kode registrasi sebagai LN-WTJK. Menurut planespotters.net, pesawat Boeing 747 dengan kode registrasi tersebut adalah Boeing 747-200F berumur 40 tahun 3 bulan atau produksi tahun 1980-an. Dengan harga pasaran yang sudah disebutkan di atas, terbayang bukan nilai investasi untuk meledakkan sebuah pesawat Boeing 747-200F?

Aksi Christopher Nolan menggunakan pesawat asli untuk dihancurkan dalam proses produksi sebuah film bukan pertama kalinya. Pada 2016 lalu, sutradara, penulis, dan produser berkebangsaan Inggris ini juga pernah memperjuangkan agar film besutannya dan Emma Thomas menggunakan pesawat asli Spitfires dan HA-1112 Buchón buatan Spanyol (versi lisensi dari Messerschmitt Bf 109).

Baca juga: Tak Semudah Menontonnya, Begini Rahasia Dibalik Proses Pemilihan Film di Pesawat, Rumit!

Namun, entah bagaimana proses pergolakan di dalam tubuh tim, pada akhirnya, adegan yang sudah dirancang Nolan dengan pesawat asli harus berakhir pupus. Disebutkan, adegan di film Dunkirk yang dimaksud hanya menggunakan replika pesawat.

Sebagai informasi, Christopher Nolan belum lama ini meluncurkan trailer kedua film terbarunya Tenet. Film yang digadang-gadang dibumbui degan adegan-adegan menarik itu menurut salah satu aktornya, John David Washington, justru memiliki jalan cerita atau plot yang absurd. Pendapat itu pun juga diamini oleh aktor-aktor lainnya dalam film tersebut. Walau penuh dengan ketidakpastian akibat wabah corona, Tenet dijadwalkan akan tetap dirilis pada tanggal 17 Juli 2020 mendatang.

Leave a Reply