“Lembah Anai,” Jadi Railbus Ketiga yang Dioperasikan PT KAI

Railbus Lembah Anai

Bus rel atau railbus di Indonesia ternyata sudah ada tiga dan semuanya dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Railbus pertama ada di Sumatera Selatan bernama Kertalaya dan kedua di Jawa Tengah yakni Bathara Kresna. Hingga akhirnya pada 1 November 2016, railbus Lembah Anai melaju di jalur Sumatera Barat.

Baca juga: KA Batara Kresna, Melaju di Rel Bekas Trem

Railbus Lembah Anai sendiri menggunakan rail bus Mak Buih besutan PT Industri Kereta Api (INKA) asal Madiun. Awalnya kereta ini hadir sebagai KA perintis dan mampu mengangkut penumpang sebanyak 160 orang dengan bagian 78 duduk dan 82 lainnya berdiri.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, awalnya railbus yang memiliki julukan si Padang Anai dan Mak Buih ini ditujukan untuk layanan KA Bandara Minangkabau. Namun dibatalkan dan akhirnya menjadi layanan kereta perintis.

Railbus Lembah Anai berada di Divisi Regional (Divre) II Padang dan memiliki frekuensi rute dua kali sehari. Mengular dari Stasiun Kayu Tanam menuju Stasiun Sicincin dan berakhir di Stasiun Lubuk Alung dengan waktu tempuh sekitar 38 menit serta jarak tempuh 20 km. Pada saat mengular dari Kayu Tanam hingga ke Lubuk Alung, kereta ini beroperasi sebanyak empat kali dalam sehari.

Tarif tiket railbus Lembah Anai sendiri hanya Rp3 ribu untuk sekali perjalanan karena statusnya sebagai KA perintis yang dimaksudkan untuk menarik minat masyarakat dalam menggunakan transportasi berbasis rel. Namun, pada 6 Maret 2019 kemarin, relasi railbus Lembah Anai diperpanjang hingga ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Perpanjangan relasi ini sendiri untuk mempermudah warga Padang Pariaman bepergian menuju bandara serta jadwalnya disesuaikan dengan Minangkabau Ekspres untuk memudahkan transit dari Padang menuju Kayu Tanam dan sebaliknya via Duku. Sayangnya, railbus Lembah Anai harus mengalah dengan Minangkabau Ekspres di Stasiun Duku ketika ada persilangan.

Nama Lembah Anai sendiri berasal dari nawa wisata air terjun yang terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera barat yakni Air Terjun Lembah Anai. Air Terjun ini biasa di sebut dengan Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai dan merupakan bagian dari Cagar Alam Lembah Anai.

Baca juga: Membentang 22 Km, Jokowi Hari Ini Resmikan KA Bandara Internasional Minangkabau

Railbus Lembah Anai sendiri menjadi unik ketika relasinya dipanjangkan hingga ke BIM dan satu-satunya railbus yang melaju hingga bandara. Pasalnya railbus Bathara Kresna sendiri hanya digunakan untuk mengakut penumpang biasa dan tidak sampai ke Bandara Solo. Selain itu jarak tempuh railbus Lembah Anai sendiri mencapai 38 km dengan waktu tempuh satu jam 20 menit hingga tiba di BIM dari Kayu Tanam.