Lima Negara Ini Dianggap “Berbahaya” Bagi Pelancong Perempuan

Taj Mahal, India

Sebagai seorang pelancong, pastinya Anda sering menikmati keindahan tempat-tempat yang dikunjungi. Apalagi bila bisa bepergian sendirian alias solo traveler dimana mengunjungi suatu tempat sendirian tanpa teman. Bagi Anda pelancong perempuan yang biasa bepergian ke suatu tempat sendiri, ada baiknya selalu mawas diri. Sebab Anda belum tentu mengenal tempat tersebut dengan baik apalagi bila baru pertama kali mengunjungi daerah tersebut.

Baca juga: Travel Advice, Jangan Samakan dengan Travel Warning

KabarPenumpang.com merangkum dari forbes.com (28/7/2017) yang merujuk kepada informasi dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, ada beberapa negara yang baiknya tidak dikunjungi sendiri oleh pelancong perempuan. Berikut ini ada lima diantara sepuluh negara yang tidak baik dikunjungi pelancong perempuan sendirian demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan diri.

1. Mesir
Negara ini berada di puncak daftar paling berbahaya di Trip.com dan Departemen Luar Negeri AS telah mengeluarkan peringatan keras kepada para pelancong tentang bepergian ke Mesir. Negara ini dianggap berbahaya karena sejumlah teroris termasuk ISIS telah melakukan banyak serangan yang menargetkan pejabat pemerintah, pasukan keamanan, tempat umum dan lokasi wisata serta tempat lainnya.

Spinx (Trip.com)

Sebagai seorang pelancong perempuan dan sendirian, baiknya hindari pasar sendirian. Bila memang harus ke pasar, gunakan pakaian yang sopan untuk menghormati norma yang ada di negara ini. Pakai pakaian yang menutupi bahu dan lutut atau gunakan yang longgar. Jangan lakukan kontak mata langsung karena bisa dianggap menggoda, baiknya gunakan kacamata hitam.

Bila menggunakan kendaraan umum seperti metro naik di gerbong wanita. Jika Anda berada di Kairo carilah lingkungan baik seperti Zamalek dan pertimbangkan Uber untuk memilih taksi.

2. Maroko
Negara di Afrika Utara ini sangat eksotis namun negar ini menurut Departemen Luar Negeri AS memiliki potensi tinggi untuk melakukan kekerasan terhadap warga Amerika Serikat. Kejahatan yang dilakukan adalah pencurian, perampokan terutama di kota-kota besar dan kawasan wisata.

Maroco (Trip.com)

Saat berada di tempat wisata, terus bergerak dan jangan menggubris orang-orang yang sengaja menyentuh Anda. Bila merasa terancam carilah petugas keamanan yakni polisi dan laporkan kejadian yang Anda rasakan. Gunakan pakaian yang tidak menarik, sebab semakin menarik Anda, semakin banyak orang yang akan mengincar Anda. Jangan lupa sebagai seorang pelancong perempuan, bertanyalah sesama perempuan.

3. Jamaika
Negara asal Bob Marley dan lagu Reggae ini memiliki tempat yang berbahaya dan kejahatan seperti kekerasan banyak terjadi di sini terutama di Kingston dan Montego Bay. Bila menginap disebuah resort, Anda juga tetap garus berhati-hati.

Menurut Departemen Luar Negeri, “Kedutaan Besar AS menerima lebih dari selusin laporan tentang serangan seksual terhadap pengunjung Amerika ke Jamaika dalam periode 12 bulan. Sebagian besar dari ini mengambil Tempat di semua resor inklusif, sebagian besar diduga dilakukan oleh staf resor.”

Jamaica (Trip.com)

4. India
Sebagai salah satu tujuan wisata, India adalah tempat yang palling kompleks untuk seorang pelancong perempuan. Setiap tempat dan daerah di India baik jam sibuk atau tidak, baiknya sebagai pelancong perempuan sendiri baiknya tetap berhati-hati.

Baca juga: Desa Pelangi, Ubah Wilayah Padat dan Kumuh Jadi Tujuan Wisata

Penyerangan seksual bisa saja terjadi baik itu saat Anda sediri maupun bersama dengan pendamping, kenakan pakaian yang menutupi tubuh Anda dari atas hingga kebawah. Hindari jalan-jalan sendirian pada malam hari, jika naik kereta pesan tiket dengan kelas paling mahal dan gunakan transportasi khusus wanita yang ada seperti di Delhi.

5. Peru
Di negara ini banyak terjadi perampokan, penculikan hingga pembajakan mobil. Pencurian hingga kecurangan kartu kredit menjadi salah satu masalah yang meembuat pelancong tidak nyaman. Negara di Amerika Selatan ini, sebenarnya memiliki banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi salah satunya adalah Machu Picchu dan Inca Trail.

Peru (Trip.com)

Saat Anda menggunakan kendaraan seperti taksi letakkan barang-barang di bagasi dan jangan letakkan dompet Anda diluar. Jangan gunakan perhiasan yang mencolok. Jangan lupa simpan nomor darurat yang berguna seperi 105 untuk polisi dan 117 untuk ambulans.

Baca juga: Mau Perjalanan Murah dan Menyenangkan? Ini Dia Cara Cerdasnya