Lion Air Group (Wings Air) Bersiap Terima ATR-72 600 Ke-80

0

Wings Air bagian dari Lion Air Group, maskapai dalam negeri yang kondang mengoperasikan pesawat turbo propeller, diwartakan akan segera menerima pesawat ATR-72 600 ke-65. Pesawat ini diterbangkan langsung dari pusat perakitan pesawat ATR (Aerei da Trasporto Regionale atau Avions de Transport Régional) Aircraft di Toulouse Blagnac, Perancis (TLS). Secara keseluruhan, ATR-72 600 ke-65 Wings Air juga menjadi pesawat ke-80 yang diterima Lion Air Group untuk jenis yang sama, lantaran pesawat jenis ini juga digunakan oleh Malindo Air dan Thai Lion.

Baca juga: Alih Operasi ATR dari Garuda Indonesia ke Citilink Selesai di 2020

Dikutip dari siaran pers Lion Air Group (27/4), pesawat ATR 72-600 telah dicat bercorak khusus (special livery 80th) akan dikirimkan pada tahun ini, saat ini masih dilakukan beberapa persiapan termasuk dokumentasi. Dengan demikian, nantinya melengkapi kekuatan jajaran armada yang saat ini dioperasikan oleh Wings Air, yaitu 45 ATR 72-600 dan 19 ATR 72-500.

Pesawat dengan kode penerbangan PK-WJQ ini merupakan bagian komitmen perusahaan menyediakan pelayanan terbaik dan menambahkan tingkat kenyamanan travelers, dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan serta keamanan penerbangan (safety first).

Wings Air mengharapkan, kehadiran pesawat baru akan lebih menjadikan pengalaman perjalanan wisatawan dan pebisnis senantiasa berkesan, karena bisa bepergian menggunakan ATR 72-500 atau ATR 72-600, pesawat turboprop asal Perancis yang berkapasitas 72 penumpang dalam kelas ekonomi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang) on

Fitur kenyamanan di pesawat ini lebih menawarkan sensasi di setiap perjalanan antara lain pintu untuk penumpang hanya satu diletakkan di bagian belakang pesawat sebelah kiri dan pintu kargo terletak di depan sebelah kiri. Dari sisi teknologi, ATR 72-600 dibekali interior yang dirancang lebih futuristik, sehingga dinilai bisa meningkatkan layanan terbaik. Beberapa keuntungan diantaranya travelers serasa menikmati jet pribadi karena konfigurasi kursi mempunyai tata letak 2-2.

ATR 72-600 dikenal sebagai pesawat baling-baling (propeller) modern dan canggih di kelasnya, antara lain menggunakan teknologi avionik terbaru serta fitur “synthetics runway visions” yaitu sistem yang mampu memberikan bantuan visualisasi runway saat mendarat. Selain itu memberikan keuntungan karena ramah lingkungan (emisi rendah), bahan bakar lebih hemat dengan efisiensi biaya perawatan.

Baca juga: Wings Air Resmi Buka Rute Makassar – Maumere – Labuan Bajo dengan ATR-72

Wings Air dengan ATR 72 berperan sebagai feeder (penghubung) penumpang dan distribusi barang dari bandar udara setingkat kecamatan/ kabupaten khususnya setingkat kabupaten. ATR-72 600 didesain mampu lepas landas dan mendarat di panjang landas pacu (runway) kurang dari 1.600 meter.

Leave a Reply