Lockheed Martin VH-92A, Helikopter Kepresidenan AS Terbaru, Siap Mengudara di 2020

Karena alasan keterbatasan anggaran, buat negara sekelas Indonesia bukan soal mudah untuk mengganti helikopter kepresidenan, meski faktanya usia helikopter kepresidenan RI sudah berusia cukup tua. Sengkarut masalah yang terjadi pada helikopter AW-101 bisa menjadi contoh betapa ruwetnya masalah pengadaan helikopter kepresidenan. Namun lain hal dengan Negeri Paman Sam, untuk membawa Presiden Donald Trump, Washington siap merogoh kocek besar untuk memodernisasi sosok helikopter yang disebut “Marine One” ini.

Baca Juga: Setelah 25 Tahun Stop Produksi, Lockheed Martin Tampilkan L-100 di Paris AirShow 2017

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman resmi lockheedmartin.com, helikopter ini dikonfigurasi untuk mendukung “Program Penggantian Helikopter Kepresidenan VH-92A dari Angkatan Laut AS”. Uji terbang ini pun akan berlangsung selama kurang lebih 250 jam (akumulasi dari keseluruhan rangkaian uji coba), dan bertempat di Lockheed Martin Facility di Owego, New York.

Berbeda dengan helikopter Kepresidenan pada umumnya, Lockheed Martin VH-92 memiliki bentuk yang agak unik, dengan lambung pesawat yang datar tanpa lekukan. Pun dengan warnanya yang bisa dibilang identik dengan warna Angkatan Darat, yaitu hijau tentara. Mari tinggalkan sejenak bagian interior dan beralih menuju uji terbang yang dilakukan pada Agustus 2017 ini.

Lockheed Martin VH-92A berhasil melakukan penerbangan pertamanya dengan mulus. Di hari yang sama, perusahaan ini pun melakukan uji terbang di Sikorsky Aircraft di Stratford, Connecticut. Adapun, keseluruhan waktu terbang kedua pesawat ini adalah satu jam, sudah termasuk pemeriksaan kontrol hover, penerbangan kecepatan rendah, hingga ‘diseret’ menuju bandara.

“Penerbangan pertama dari pesawat uji terkonfigurasi VH-92A ini merupakan tonggak penting untuk program ini,” kata Spencer Elani, direktur program Lockheed Martin VH-92A di Sikorsky. “Setelah menguji komponen dan subsistem pesawat secara independen, kami akan bergerak maju untuk memulai kualifikasi sistem pesawat melalui program uji terbang skala penuh.” tandasnya.

Baca Juga: Pesawat-Pesawat Ini Punya Desain Yang Sangat Unik, Yuk Intip!

Jika diperhatikan, Lockheed Martin VH-92A memiliki bentuk yang hampir mirip dengan Sikorsky S-92, dimana pesawat ini baru saja melampaui satu juta jam terbang. Jika tidak ada halang merintang, Lockheed Martin VH-92A ini akan mulai mengangkut Presiden, Wapres, hingga pejabat lainnya di Amerika Serikat pada tahun 2020 kelak. Sebagai catatan, Lockheed Martin telah mengakuisisi Sikorsky Helicopters pada 2015 silam.