Tuesday, March 5, 2024
HomeHot NewsLRT Jabodebek Akan Diundur Uji Coba Pengoperasiannya Menjadi Desember 2022, Ini Alasannya

LRT Jabodebek Akan Diundur Uji Coba Pengoperasiannya Menjadi Desember 2022, Ini Alasannya

Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa LRT (Lintas Rel Terpadu) akan uji coba pada Agustus 2022 atau bertepatan menyambu Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang. Namun, beredar kabar pula bahwa uji coba LRT akan diundur hingga Desember 2022.

Baca juga: Segera Launching, Inilah Metode dan Sistem Pembayaran Tiket LRT Jabodebek

Ternyata kabar tersebut memang benar adanya. Informasi dari berbagai sumber menjelaskan bahwa masih adnanya peninjauan oleh konsultan terkait kesiapan operasi secara menyeluruh. Alasan diundurnya uji coba tersebut mengacu pada sisi penyiapan organisasi, sumber daya manusia serta sistem GoA3/driverless yang belum pernah digunakan oleh operator kereta api.

Belum lagi aspek keselamatan yang kenyamanan saat dilakukan pengoperasia nanti. Pembangunan infrastruktur juga perlu diperhatikan agar berjalan sesuai rencana dan lancar saat digunakan. Maka dari itu, rencana yang ditetapkan untuk uji coba rangkaian LRT ini akan dilakukan sepenuhnya pada Bulan Desember 2022 mendatang tanpa penumpang. Pihak LRT Jabodebek pun akan menargetkan pngoperasian dengaan mengangkut penumpang pada Januari 2023 dan sudah digunakan fasilitas penunjang lainnya yan disediakan oleh LRT.

Baca juga: Permudah Naik LRT Jabodebek, Penumpang Cukup Bayar Pakai Kartu Uang Elektronik

Diketahui bahwa sebelumnya LRT Jabodebek akan dilakukan uji coba pada Agustus 2022 tanpan penumpang. Setelah itu akan dilakukan pengoperasian reguler dengan mengangkut penumpang ke berbagai rute yang dilewati LRT. Sebagai informasi lanjutan, KAI berencana mengoperasikan hingga 27 trainset LRT Jabodebek per hari dalam 1 hari. Masing – masing trainset akan dijalankan sebanyak 6 unit kereta. Total keseluruhan sebanyak 560 kali perjalanan LRT Jabodebek yang akan melayani 114.000 pelanggan dalan sehari. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru