LRT Jakarta Fase I Diperkirakan Beroperasi Pada Januari 2019

LRT Jakarta. Sumber: Tribunnews.com

Digadang-gadang akan digunakan pada perhelatan Aisan Games Agustus 2018 kemarin dan kenyataannya tidak jadi, kereta ringan atau Light Rail Transit (LTR) Jakarta dengan rute Velodrome menuju Kelapa Gading akhirnya akan benar-benar beroperasi pada Januari 2019. Hal ini dikatakan oleh Direktur Proyek LRT Jakarta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin.

Baca juga: Dinilai Belum Siap, LRT Jakarta Urung Beroperasi Saat Asian Games 2018

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Iwan mengatakan, LRT Jakarta tersebut sudah melakukan uji cobanya pada Agustus lalu dan ditargetkan fase I ini bisa beroperasi pada 2019 mendatang.

“Kalau konstruksi stasiun akhir November. Saat ini kereta LRT Jakarta Fase I sudah masuk tahap finishing dan ditargetkan beroperasi pada Januari 2019 mendatang,” kata Iwan.

Tahap finishingnya sendiri meliputi enam stasiun yakni, Stasiun Pegangsaan Dua Kelapa Gading, Stasiun Mal Kelapa Gading, Stasiun Kelapa Gading Boulevard, Stasiun Pulomas, Stasiun Pacuan Kuda dan Stasiun Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur. Pembangunan stasiun ini sendiri nantinya akan terintegrasi dengan halte bus TransJakarta serta ditargetkan selesai pada November 2018 ini.

Terkait tarif untuk LRT, pihak PT Jakpro juga belum jelas akan dikenakan berapa. Sebab pihaknya juga masih melakukan koordinasi dengan pihak-pihak lainnya yang terkait dengan LRT Jakarta.

“Mengenai tarif, kami masih kordinasikan dengan pihak-pihak terkait,” ujar Iwan.

Beberapa waktu lalu, KabarPenumpang.com sempat melintasi jalur LRT Jakarta yang ada di kawasan Kelapa Gading menuju Velodrome dan terlihat masih dilakukan pengerjaan. Hingga saat ini diketahui pengerjaan konstruksi stasiun mencapai 92 persen.

Baca juga: LRT Palembang Sepi Penumpang, Kepala Divre III: “Itu Wajar”

Sebelumnya saat uji coba Kereta LRT dari Stasiun Velodrome Rawamangun menuju Stasiun Kelapa Gading pada Rabu (12/9/2018) lalu, Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan masih ada beberapa catatan khusus yang harus di evaluasi. Dia pun berharap, seluruh proses konstruksi pembangunan LRT tahap 1 dapat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“On quality juga on budget, sehingga tiga kriteria utama setiap kita membangun sesuatu adalah on schedule, on budget, on quality mudah-mudahan semuanya bisa tercapai,” harapnya.