MAGIC! Troli Makanan Ini Bisa Memasok Sumber Energi Listrik di Kabin Pesawat

Tekologi baru pada troli kabin pesawat (Apex Aero)

Teknologi penerbangan terus bergerak pesat, merujuk kepada kata efisiensi dan efektivitas, beragam inovasi tak pernah sepi diperkenalkan. Salah satu yang terbilang baru adalah konsep pasokan energi revolusioner untuk mendukung operasional di kabin pesawat penumpang. Seperti yang belum lama ini dirilis Diehl Aerosystems dari Jerman, yang memperkenalkan teknologi Distributed Autonomous Cabin Power (DACAPO), solusi yang menjanjikan energi yang tak terbatas dalam kabin pesawat.

Baca juga: Maskapai Pacu Kemampuan WiFi dalam Penerbangan

DACAPO dikembangkan dengan menggandeng lembaga penelitian Fraunhofer ICT IMM dan German Aerospace Center (DLR) yang turut mengembangkan Modular Autonomus Galley with Integrated Power Cell (MAGIC), yaitu troli makanan pada kabin yang juga bisa menjadi pembangkit listrik untuk dapur dengan menggunakan campuran air propilen glicol sebagai bahan bakarnya.

Maret 2016 menjadi pembuktian pertama konsep pembangkit tenaga listrik dari propilen glicol berhasil dilakukan di laboratorium. “Pencapaian ini merupakan pembuktian bahwa kita berada pada jalur inovasi yang tepat,” ujar Benno Petersen, Kepala Inovasi dan R&T Diehl Aerospace yang dilansir KabarPenumpang.com dari apex.aero (12/10/2017).

Sederhananya troli diisi dengan daya bahan bakar dan bertindak menjadi pembangkit listrik di dapur. Bahan bakar campuran propilen glicol ini sangat aman dan sangat mudah ditemukan karena sebelumnya digunakan sebagai pendingin di pesawat terbang.

Penerapan BYOD (Bring on Your Device) pada kabin penumpang dipercaya akan semakin meningkat tajam, dimana penumpang dapat secara masif menggunakan gadget (smartphone/tablet/laptop) di dalam kabin berkat adanya fasilitas WiFi onboard. Dalam skema WiFi onboard bakal lebih banyak konsumsi energi pada kabin, mengingat gadget yang terkoneksi WiFi perlu mendapat pasokan listrik untuk charging baterai. Berangkat dari kebutuhan energi pada kabin yang terus meningkat, troli MAGIC hadir sebagai solusi.

Baca juga: Tahun 2020, Dipercaya 14.419 Pesawat Komersial Gunakan Akses WiFi di Kabin

Diehl Aerosystems sendiri merupakan peserta reguler Chrystal Cabin Award (CCA) tahun 2017 ini dan memenangkan kategori Cabin System. Pengajuan CCA harus melengkapi inovasi paling signifikan dalam interior pesawat terbang, teknologi onboard, kenyamanan penumpang, efisiensi, keselamatan dan desain yang masih berfungsi. CCA berikutnya pada tahun 2018 akan mencakup tujuh kategori dan termasuk hiburan serta konektivitas inflight yang menjadi pendatang baru. Nantinya pemenang CCA akan diumumkan pada Aircraft Interiors Expo pada 10-12 April mendatang di Hamburg, Jerman.