Manchester, Bandara dengan Waktu Pemeriksaan Keamanan Paling Lama di Inggris

0
Bandara Manchester. Sumber: BBC

Terkenal dengan klub sepak bolanya, Manchester United dan Manchester City, siapa sangka Bandara Manchester ternyata dinobatkan sebagai salah satu bandara dengan waktu tunggu untuk pemeriksan keamanan paling lama di dunia. Bukan hanya sekedar isapan jempol semata, pernyataan di atas didapatkan dari survei online yang melibatkan kurang lebih 4.000 penumpang. Walhasil, penumpang berharap agar otoritas bandara bisa mereduksi waktu tunggu penumpang.

Baca Juga: Rahasia di Bandara yang Tak Semua Diketahui Penumpang

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman telegraph.co.uk (15/10), adapun waktu tunggu yang ada di Terminal 1 mencapai 17 menit, sedangkan di Terminal 2 dan 3 waktu tunggunya mencapai 15,5 menit. Waktu tunggu tersebut tentu berada jauh di atas Bandara Heathrow Terminal 5 yang rata-rata hanya menghasilkan waktu tunggu 8,6 menit saja. Tentu saja, ini merupakan perbandingan waktu yang sangat lama, mengingat waktu tunggu penumpang di bandara tercepat diraih oleh Bandara Southampton dan Bandara London Southend yang hanya memakan waktu tunggu rata-rata 5,2 menit.

Ini menjadi menarik untuk dibahas, terutama perihal, “apa yang membuat waktu tunggu penumpang di bandara bisa melonjak segitu tingginya,”

Adalah prosedur keamanan bandara yang katanya membuat waktu tunggu di bandara menjadi lama. Namun tentu saja Anda tidak bisa melewatkan bagian ini begitu saja, mengingat Anda tidak akan pernah bisa masuk ke dalam pesawat tanpa adanya pemeriksaan menyeluruh terhadap Anda dan barang bawaan. Dari sini, mulai tampak visi dari bandara yang ingin berusaha untuk memangkas waktu tunggu tersebut dengan menghadirkan teknologi mutakhir yang dapat secara signifikan memangkas waktu tunggu penumpang.

Seorang penulis di Travel Editor, Rory Boland mengatakan bahwa, “Sangat jarang sekali ada maskapai yang menunda keberangkatan karena ada penumpangnya yang masih ‘terperangkap’ di antrian pengecekan keamanan.”

“Sejatinya, antrean penumpang di bagian keamanan berada di luar kontrol dari pihak maskapai,” sambung Rory.

Namun, pihak Bandara Manchester melalui salah satu juru bicaranya mengatakan, “Bahkan kala peak season, waktu tunggu rata-rata maksimum adalah lima menit enam detik, pada Juli 2019,”

Di sini, tampak ada dua perbandingan angka yang cukup signifikan, dimana penumpang mengatakan waktu tunggu di Bandara Manchester mencapai belasan menit, sedangkan pihak bandara mengatakan waktu tunggu kala peak season saja hanya berkisar lima menit – dengan asumsi waktu tunggu di low season lebih rendah.

Baca Juga: Ben Gurion, Bandara Paling Aman dengan Standar Keamanan Tertinggi di Dunia

Terlepas dari semua itu, ada baiknya Anda selalu datang jauh lebih awal ketimbang waktu keberangkatan Anda. Bukan melulu ingin memotong waktu istirahat Anda atau menyiksa karena harus menunggu cukup lama di bandara. Namun seperti yang sudah digambarkan di atas, ada yang namanya estimasi waktu tunggu penumpang yang harus melewati bagian pemeriksaan keamanan. Jadi, jangan sampai waktu liburan Anda terenggut begitu saja hanya karena antrean keamanan di bandara!

Leave a Reply