Friday, August 12, 2022
HomeAngkutan FerryManly MV Baragoola, Kapal Ferry Bersejarah Sydney Tenggelam Saat Tahun Baru

Manly MV Baragoola, Kapal Ferry Bersejarah Sydney Tenggelam Saat Tahun Baru

Australia berencana untuk memulihkan ferry bersejarahnya. Namun rencana itu pupus setelah kapal yang sangat dicintai itu tenggelam pada Sabtu (1/1/2022) tepat pada Tahun Baru. Polisi Negara Bagian New South Wales (NSW) mengatakan dua orang menghubungi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan untuk meminta bantuan sekitar pukul 22.30 waktu setempat setelah kapal mulai tenggelam.

Baca juga: Tenggelam di Selat Bali, Inilah Spesifikasi Kapal Ferry RoRo KMP Yunicee

Pihak kepolisian mengatakan, terlalu banyak air yang masuk dan orang yang berada di dalamnya dievakuasi sebelum kapal tenggelam.

Kapal diluncurkan pada Februari 1922. F:ot: Asosiasi Pelestarian Facebook Baragoola)

“Maritim, Otoritas Pelabuhan dan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan [hadir] dan mengamankan daerah itu,” ujar polisi NSW yang dikutip KabarPenumpang.com dari abc.net.au (2/1/2022).

Polisi mengatakan orang-orang yang membunyikan alarm selamat dan tidak terluka. Kapal ferry bersejarah itu bernama Manly MV Baragoola yang sudah berusia 99 tahun. Baragoola berlabuh di samping Pemuat Batubara di Waverton dan terakhir beroperasi pada Januari 1983.

Kapal ini diluncurkan sejak Februari 1922 silam dan dimiliki oleh beberapa pemilik swasta selama bertahun-tahun. Menurut halaman Facebook Asosiasi Pelestarian Baragoola, kapal itu baru-baru ini “diserahkan” kepada pemilik baru.

“Sayangnya, kami telah menerima kabar bahwa Baragoola tenggelam satu jam yang lalu,” ujar lama Facebook Asosiasi Pelestarian Baragoola.

Adanya hal ini membuat banyak warganet berkomentar di media sosial untuk mengingat kontribusi kapal ferry ikonik tersebut.

“Hal yang tak terhindarkan telah terjadi secara menyedihkan. Dia hanya malu dengan usianya yang keseratus,” tulis Ferries of Sydney.

Louis Trott, yang pernah tinggal di kapal, mengatakan berita itu menghancurkan hatinya.

“Saya tinggal di MV Baragoola tercinta kami, sebagai salah satu dari tiga penjaga kapal selama 1986-1988 ketika dia ditambatkan di Blackwattle Bay di ujung Glebe Point Road,” kata Trott.

Pemimpin Oposisi Australia Chris Minns mengatakan tenggelamnya ferry adalah peristiwa yang tidak menguntungkan tetapi kelangsungan hidup dalam pelayanan selama enam dekade menjadi daya tahan yang memukau.

Baca juga: Hari dalam Sejarah, Tenggelam dalam 90 Detik, Kapal Ferry “MS Herald of Free Enterprise” Tewaskan 193 Orang

“Ferry yang dibangun di luar negeri yang baru-baru ini mulai digunakan hampir tidak bertahan selama enam minggu. Kami perlu memastikan bahwa kami membangun infrastruktur transportasi penting ini di sini, di New South Wales,” kata Minns.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru