Masalah Teknis, Hampir 18 Jam Penumpang Singapore Airlines Terlambat Berangkat

Singapore Airlines A330

Maskapai super kondang, Singapore Airlines mengalami keterlambatan yang cukup lama, yakni hingga 17 jam. Keterlambatan ini terjadi pada 7 November lalu yang diakibatkan karena kesalahan teknis di pesawat Airbus A330 milik Singapore Ailines.

Baca juga: Lebih Mewah dan Super Mahal, Singapore Airlines Sulap Suite Kelas Satu di Airbus A380

KabarPenumpang.com melansir dari laman thehindu.com (13/11/2017), diketahui pesawat Airbus A330 dengan nomor penerbangan SQ528/529 ini beroperasi dengan rute Singapura – Chennai – Singapura dan mendarat di Chennai tujuh menit lebih lama melewati waktu kedatangan yang dijadwalkan pukul 22.00 waktu setempat. Kemudian pesawat dengan nomor penerbangan SQ529 itu ketika akan kembali berangkat ke Singapura,  mengalami masalah teknis sesaat sebelum pesawat lepas landas ke Singapura dengan  pada pukul 11.15 siang waktu Chennai.

Hal ini dikatakan oleh kru kabin yang menyampaikannya kepada para penumpang melalui pengumuman saat masih berada dalam kabin. Sebelum di tarik ke bagian muatan pesawat, penumpang kembali ke gate untuk tindakan selanjutnya dari pihak Singapore Airlines.

Karena masalah ini, pesawat dengan muatan 285 penumpang tersebut kemudian ditarik ke area muatan bandara sekitar pukul 03.00 pagi pada tanggal 8 November 2017 kemarin. Juru bicara Singapore Airlines yang menanggapi kejadian tersebut mengatakan bahwa penerbangan SQ529 tertunda karena ada kesalahan teknis.

“Teknisi memperbaiki masalah ini dan pesawat kemudian berangkat pukul 17.14 waktu India pada 8 November. Karena kesalahan teknis ini mengakibatkan penundaan sekitar 17 jam 59 menit dari waktu keberangkatan semula yang dijadwalkan,” ujar juru bicara tersebut.

Baca juga: Singapore Airlines Borong 39 Unit Boeing ‘Wide Body’ Senilai US$13,8 Miliar

Juru bicara Singapore Airlines juga mengatakan, atas keterlambatan ini, penumpang yang terdamppak diberikan akomodasi penginapan. Dia menambahkan, kesalahan yang terjadi terkait dengan sistem kontrol mesin dan sebanyak 158 penumpang serta 12 awak kabin yang harus mengalami penundaan tersebut.

“Kami kembali mengoperasikan pesawat Airbus A330 tersebut dari Chennai pada 8 November sesuai jadwalnya,” tutur juru bicara Singapore Airlines.