Mass Transit Railway Selesaikan Uji Coba Hong Kong-Shenzhen-Guangzhou

Mass Transit Railway (MTR) operator kereta api yang berbasis di Hong Kong ini baru saja menyelesaikan uji coba High Speed Rail (HSR) atau kereta cepatnya dari Hongkong-Shenzhen-Guangzhou. Uji coba yang dilakukan oleh Hong Kong HSR tersebut adalah mengecek keamanan dan kondisi operasi lainnya untuk layanan penumpang sebelum melaju di rel.

Baca juga: Banyak Pilihan Moda Transportasi, Mudahkan Melancong di Taiwan

KabarPenumpang.com melansir dari laman railway-technology.com (17/8/2018), bahwa Hong Kong’s Transport and Housing Secretary menyatakan hasil uji coba HSR tersebut aman dan baik-baik saja. Sehingga memungkinkan MTR bisa memasuki tahap akhir persiapan sebelum diluncurkan untuk layanan penumpang pada September mendatang.

Diketahui, lebih dari 700 personel saat ini tengah mengerjakan persiapan akhir untuk HSR melaju di relnya. Selama uji coba yang dilakukan antara Hong Kong dan Cina, sejumlah tes lainnya juga dilakukan.

Hal tersebut untuk memvalidasi perangkat keras dan perangkat lunak yang terdapat di HSR. Manager MTR XRL Simon Tang mengatakan, keselamatan dan kualitas sudah menjadi prioritas utama mereka selama mendesain dan konstruksi proyek perkeretaapian tersebut.

“Kami mengatasi banyak tantangan untuk membawa sambungan rel ke hasil yang baik. Untuk minggu-minggu terakhir menjelang dimulainnya layanan HSR dalam pengangkutan penumpang, kami terus bekerja bergandengan tangan dengan tim operasional untuk memastikan pembukaan dan meluncurnya kereta di rel dengan mulus pada akhir September 2018 mendatang,” ujar Tang.

Baca juga: 10 Fakta Seputar Kereta Cepat di Cina

MTR juga telah menyediakan gambar desain yang disetujui, hasil pengujian dan catatan kontrol kualitas kepada departemen pemerintah terkait untuk penilaian guna membantu inspeksi mereka terhadap HSR seperti sistem sinyal dan komunikasi, pekerjaan lintasan dan sistem saluran udara serta rolling stock. Evaluasi yang dilakukan juga akan mencakup keamanan struktural dari Hong Kong West Kowloon Station.

Di Hong Kong, MTR sendiri telah mengoperasikan sepuluh jalur kereta api komuter, jaringan Light Rail dan jaringan Airport Express berkecepatan tinggi, di mana 5,8 juta perjalanan penumpang dilakukan pada hari kerja normal.