Mati Mesin di Tengah Laut, Kapal Ferry India Diselamatkan Tugboats

(Times Now)

Lebih dari 400 orang dan 100 kendaraan terombang ambing ditengah laut karena kapal ferry yang ditumpangi terhenti. Insiden ini terjadi pada perjalanan dari Ghogha di Saurashtra dan Dahej di Gurat selatan pada bulan lalu.

Baca juga: Eks Kapal Ferry Penumpang di Inggris Bertransformasi Menjadi Party Boat

KabarPenumpang.com melansir dari laman ahmedabadmirror.indiatimes.com (22/11/2018), salah seorang pejabat mengatakan, terhentinya kapal ferry Ro-Ro ini karena masalah mesin. Pejabat tersebut juga mengatakan, setelah aman, kapal kemudian ditarik ke Pelabuhan Ghogha dengan tugboats.

“Kapal buatan Korea yang disebut ‘Voyage Symphony’ tetap ditempatkan di Teluk Cambay selama sekitar satu jam sebelum ditarik ke pelabuhan Ghogha dengan tugboats,” ujar Direktur Managing Director Indigo Seaways Pvt Ltd (ISPL) Kontraktor Chetan.

Layanan feri ini juga disebut Ro-Pax (Roll On-Roll Off Passenger), karena kapal membawa kedua kendaraan sekaligus penumpang.

“Ketika datang ke Ghogha dari Dahej, kapten kapal memperhatikan bahwa mesin terlalu panas. Untuk keselamatan penumpang, kapten memutuskan untuk menghentikan mesin ketika kapal berada sekitar 3 mil laut (5,5 km) dari Pelabuhan Ghogha,” kata Chetan.

“Kapal itu tetap ditempatkan di laut selama sekitar satu jam. Kemudian ditarik ke pelabuhan Ghogha dengan tugboats, yang dikirim dari pelabuhan. Teknisi kami sekarang melakukan pemeriksaan mesin untuk mencari tahu penyebab masalah,” dia menambahkan.

Menurut seorang pejabat senior GMB, kapal itu membawa 461 penumpang dan 114 kendaraan pada saat kecelakaan itu terjadi.

“Kami telah diberitahu oleh operator bahwa mesin kapal terlalu panas. Bersama dengan perusahaan, GMB juga akan melakukan pemeriksaan kapal sebelum memberikan sinyal hijau untuk melanjutkan operasi,” kata seorang pejabat senior GMB.

Karena insiden ini, ISPL akhirnya membatalkan dua perjalanan yang tersisa untuk hari itu.

Baca juga: Kapal Ferry Stena Line Adopsi Kecerdasan Buatan Guna Efisiensi Bahan Bakar

“Kami biasa menjalankan empat perjalanan setiap hari, dua dari Ghogha dan dua dari Dahej. Kami sekarang menginformasikan para penumpang, yang telah melakukan pemesanan, bahwa dua perjalanan yang tersisa dibatalkan untuk hari ini,” kata seorang pejabat.

Pada 27 Oktober, Kepala Menteri Gujarat Vijay Rupani telah meluncurkan layanan feri Ro-Pax ini. Layanan ini memotong jarak antara Ghogha dan Dahej melalui rute laut hanya 30 kilometer bila dibandingkan dengan 300 kilometer melalui jalan darat. Sehingga juga mengurangi jumlah jam yang diambil untuk menutup jalan yang jauh.