Mau Ajarkan Anak Naik Angkutan Umum Sejak Dini? Simak Tips Berikut Ini!

Ilustrasi anak menggunakan kendaraan umum (Ibu dan Balita)

Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli, yang pada tahun ini jatuh tepat hari Senin, tidak menyurutkan berbagai lapisan masyarakat untuk merayakannya. Sebagai peringatan untuk anak-anak Indonesia, apakah Anda sebagai orang tua sudah mengajarkan anak untuk menikmati keindahan kota dengan transportasi umum? Mungkin masih banyak yang takut untuk membawa anak-anak mencoba transportasi umum.

Baca juga: Ingin Bawa Anak Naik Pesawat? Perhatikan Beberapa Poin Penting Ini

Padahal dengan transportasi umum, anak bisa bersosialisasi dengan orang lain. Tak hanya itu, ini juga mengajarkan anak-anak mandiri dan empati untuk berbagi kursi dan ruang dengan orang lain.

Tapi jangan khawatir, KabarPenumpang.com akan memberikan beberapa tips untuk memudahkan para orang tua yang baru pertama kali mengajak anak-anak menggunakan transportasi umum. Berikut ini tipsnya, silahkan disimak.

1. Perkenalan transportasi umum
Anak mungkin sudah mengenal berbagai transportasi umum dari buku cerita yang dimilikinya. Namun, Anda harus menjelaskan secara rinci beberapa transportasi umum seperti bus, KRL maupun angkot alias angkutan kota. Tidak lupa jelaskan pada anak tentang tempat menaiki kendaraan umum tersebut seperti dari halte, terminal maupun stasiun. Ini agar memudahkan anak terbiasa dan mempraktekkan aturannya dengan baik dan benar.

2. Utamakan keselamatan dalam kendaraan
Ajarkan kepada anak agar menunggu kendaraan hingga benar-benar berhenti sebelum naik atau turun. Jelaskan juga kenapa mengeluarkan tangan dan kepala dari jendela berbahaya. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan buah hati agar tidak berlarian dalam kendaraan umum.

3. Rute dekat
Untuk pertama kali jangan langsung ajak anak dengan rute jauh, tetapi ajak menggunakan transportasi dalam rute dekat. Sebenarnya pilihan rute dekat ini utuk menghindari kebosanaan dan lelah pada anak. Sebab bila anak bosan bisa saja tidak lagi mau menggunakan angkutan umum.

Baca juga: Bawa Anak Autis Dalam Penerbangan? Ini Dia Tipsnya!

4. Kesabaran
Karena berbeda dengan menggunakan kendaraan pribadi, saat menunggu kendaraan umum, anak harus rela menunggu sambil kepanasan, bersinggungan dengan orang lain bahkan mencium aroma yang berbeda dari kendaraan milik orang tuanya. Saat dalam kendaraan umum juga kesabaran yang diajarkan adalah saat ada ibu hamil atau kakek dan nenek yang membutuhkan tempat duduk.