Mau Jadi Astronot Selama Beberapa Jam? Yuk Jajal Wisata Unik Ala Novespace Ini!

Sumber: istimewa

Bagi Anda yang penasaran dengan sensasi zero gravity yang selalu dipertontonkan melalui layar kaca oleh para astronot, kini Anda sudah bisa mencoba sensasi tersebut. Uniknya, Anda tidak akan menggunakan pesawat ulang alik untuk mencoba sensasi melayang-layang bak seorang astronot, melainkan sebuah pesawat Airbus A310 yang akan memfasilitasi perjalanan Anda, bagaimana caranya?

Baca Juga: Virgin Galatic Uji Coba Pesawat Luar Angkasa Komersial

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman flightglobal.com, pesawat Airbus A310 yang digunakan sebelumnya merupakan armada dari angkatan udara Jerman kelas VIP yang diberi nama Konrad Adenauer. Ini merupakan satu dari segelintir pesawat terbang di dunia yang digunakan oleh para ilmuwan dan astronot untuk melakukan latihan membiasakan diri dengan nol gravitasi tanpa harus pergi ke ruang angkasa.

Sumber: flightglobal.com

Adalah Novespace, anak perusahaan badan antariksa Perancis, CNES, yang mewujudkan impian orang banyak tersebut. Diketahui dari sumber lain, pesawat Airbus A310 ‘Novespace’ Zero G ini sudah mulai melayani penumpang yang tertarik dengan wisata unik ini sejak 29 April 2015, dari dua titik penerbangan yang berbeda, yaitu Bordeaux dan Paris.

Sebelum terbang tentu saja penumpang akan dibekali dengan petunjuk teknis yang perlu dilakukan saat pesawat berada dalam kondisi tanpa bobot. Sensasi tanpa gravitasi atau sensasi parabola akan terjadi dimana pesawat akan berada di belasan titik parabola yaitu dua kali di posisi 1/3 gravitasi bumi, dua kali di posisi 1/6 gravitasi bumi, dan 11 kali di posisi 0 gravitasi bumi.

Sumber: flightglobal.com

Selain diberi pengarahan terlebih dahulu, penumpang juga akan diberi seragam khusus yang mesti mereka gunakan ketika menaiki layanan ini. Selama kurang lebih dua jam, para penumpang bisa merasakan sensasi parabola, termasuk waktu tempuh menuju titik parabola. Adapun, penumpang akan dibawa mengitari sekitar 15 titik parabola gravitasi bumi.

Berbeda dengan layanan penerbangan biasa, pesawat Airbus yang biasanya di desain untuk ratusan orang ini dikonfigurasi menjadi sekitar belasan penumpang saja, mengingat beban pesawat yang harus diperhitungkan untuk bisa sampai ke titik parabola tertinggi. Tidak heran jika penumpang yang menjajal wahana unik ini merasa kegirangan ketika mendapati diri mereka melayang akibat tingkat gravitasi yang perlahan mulai turun.

Baca Juga: World View Terbangkan Sandwich KFC ke Stratosfer

Tidak hanya mempertimbangkan jumlah penumpang, Tim Zero-G dari Novespace juga telah mempehitungkan durasi mereka selama berada di ruang tanpa gravitasi tersebut. Terlalu lama berada di kondisi ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kondiri tubuh penumpang tersebut.

Penasaran? Jika Anda ingin mencoba untuk menjajal wisata anti gravitasi ini, Anda diwajibkan untuk menebus tiketnya dengan harga US$10 ribu atau setara dengan Rp97 juta. Kesempatan untuk menari-nari tanpa gravitasi di atas Samudera Atlantik ini sudah terbuka lebar. Anda siap mencobanya?