Mau Naik MRT Jakarta? Parkiran Kendaraan Anda di “Park and Ride,” Tarif Flat!

Fasilitas Park and Ride MRT Jakarta. Sumber: Media Indonesia

Salah satu moda transportasi berbasis massal anyar yang dimiliki Indonesia, Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta sudah mulai beroperasi sejak beberapa hari yang lalu. Kehadirannya di Ibukota menyiratkan agar setiap warga Jakarta mulai meninggalkan kendaraan pribadi mereka dan beralih menggunakan moda transportasi berbasis massal yang rencananya akan terintegrasi dengan sejumlah layanan serupa lainnya.

Baca Juga: Sabtu Malam 30 Maret, MRT Jakarta Akan Matikan Satu Lampu di Seluruh Stasiun

Nah, mengganti haluan dari kendaraan pribadi menjadi menggunakan transportasi berbasis massal memang tidaklah mudah untuk dijalankan – mesti ada saja orang yang kagok dengan perubahan skema perjalanan di kehidupan mereka sehari-hari. Sadar akan masalah ini, MRT Jakarta memfasilitasi warga Jakarta yang belum sepenuhnya bisa meninggalkan kendaraan pribadi mereka dengan cara menghadirkan park and ride (lahan parkir) di beberapa titik. Salah satunya yang sudah beroperasi adalah di kawasan Lebak Bulus.

Khusus untuk fasilitas park and ride yang ada di Lebak Bulus ini, PT MRT Jakarta menyediakan lahan seluas 8.000 meter persegi yang dicanangkan mampu untuk menampung hingga 500 unit kendaraan bermotor – baik roda dua, maupun roda empat. Alih-alih menerapkan skema biaya sebagaimana yang biasa kita jumpai di pusat-pusat perbelanjaan, PT MRT Jakarta mematok harga yang sangat murah.

“Untuk tarifnya flat, Rp5.000 per hari untuk mobil dan Rp2.000 per hari untuk kendaraan roda dua,” ujar Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaludin di Stasiun Dukuh Atas, Rabu (27/3/2019).

Tentu saja, fasilitas park and ride ini tidak hanya hadir di kawasan Lebak Bulus saja. Dikabarkan, dua fasilitas ini juga sudah tersedia di area Stasiun Fatmawati – kendati ukurannya tidak sebesar di Lebak Bulus.

PT MRT Jakarta sendiri mengaku tidak khawatir jika ada para pengguna MRT Jakarta yang lebih memilih untuk memarkirkan kendaraannya di lahan parkir yang lebih dekat dengan stasiun. Muhammad Kamaludin mengatakan bahwa, “tentunya kami berikan pilihan untuk lokasi parkir untuk sekarang yang tersedia itu sudah ada. Jadi seperti yang di Transmart (Lebak Bulus) sudah ada tapi kan tarif mereka tarif normal. Sementara untuk park and ride harus bersabar berjalan sedikit tapi langsung mengarah ke lokasi,”

Baca Juga: Media Jepang Ternyata Soroti ‘Perilaku’ Pengguna MRT Jakarta

“Sekarang fokus kami pada sisi operasional berjalan dengan aman dan lancar. Untuk fasilitas pendukungnya akan terus dikembangkan terus supaya lebih layak jadi tempat parkir,” tandas Muhammad Kamaludin.

Lalu untuk jam operasional, PT MRT Jakarta akan mulai membuka fasilitas park and ride ini pada pukul 05.30 hingga 22.30.

“Ini sesuai dengan kesepakatan dengan Pemerintah dan jam operasional kami memang seperti itu. Nanti yang kelola (fasilitas park and ride) Dishub melalui UP Perparkiran.” Tutupnya.