Mau Tahu 10 Menara ATC Tertinggi di Dunia, Ini Dia!

Suvarnabhumi International Airport. Sumber: airportthai.co.th

Sebagai salah satu unsur penting dalam dunia penerbangan, keberadaan Air Traffic Control (ATC) di suatu bandara kerap kali menjadi pusat perhatian. Bagaimana tidak, sebuah menara yang berada di sekitaran infrastruktur bandara ini punya peran vital, yakni mengatur kelancaran arus lalu lintas udara, membantu pilot dalam mengendalikan keadaan darurat, dan memberikan informasi lain yang dibutuhkan pilot. Bisa dibilang, ATC merupakan rekanan pilot selama mengudara dan peran ATC sangat besar dalam tercapainya tujuan penerbangan.

Baca Juga: 10 Bandara Ini Punya Landasan Paling Ekstrim

Tapi, ada satu hal yang menarik dari menara pemandu lalu lintas udara ini, mereka memiliki ketinggiannya masing-masing. Berikut, KabarPenumpang.com himpun 10 menara ATC tertinggi di dunia dilansir dari airport-technology.com (11/12/2013)

10. Orlando International Airport, Amerika

Sumber: henselphelps.com

Menara pemandu lalu lintas udara di bandara ini masuk ke dalam jajaran 10 menara ATC tertinggi di dunia dan menara ATC tertinggi ketiga di Amerika dengan ketinggian 345ft atau setara dengan 105,16 meter. Menara yang sekarang terpampang di Orlando International Airport ini merupakan hasil penataran dari menara lama yang tingginya hanya 219ft. Menara ATC ini mulai beroperasi pada September 2002 silam.

9. Indianapolis International Airport, Amerika
Beralih ke posisi sembilan menara ATC tertinggi di dunia diraih oleh Indianapolis International Airport. Bandara yang memiliki dua landas pacu parallel dan sebuah crosswind runway ini memiliki ATC dengan tinggi 348ft atau setara dengan 106,07 meter.

8. Vienna International Airport, Austria
Peringkat kedelapan dihuni oleh bandara yang terletak 18km sebelah tenggara dari pusat kota Vienna (Wina). Bandara yang memiliki kode VIE ini memiliki menara ATC dengan ketinggian 358ft atau setara dengan 109 meter. Menara ini didesain oleh Zechner & Zechner yang bermitra dengan Thomas Lorenz, Peter Mandl, formTL, Lorenz Consult dan Dr. Pfeiler.

7.  Abu Dhabi International, United Arab Emirates

Sumber: airport-technology.com

Ada yang unik dari posisi ketujuh di deretan 10 menara ATC tertinggi di dunia ini, yaitu memiliki ketinggian yang sama dengan posisi kedelapan. Keunikan lain nampak dari bentuk menara yang bisa dibilang tidak biasa. Jika dilihat dari sudut pandang tertentu, menara ini tampak cekung, padahal jika diperhatikan dari depan, bangunan ini tampak tegak lurus.

Baca Juga: Ini Dia! 9 Tipe Orang yang Biasa Kita Temui di Bandara

6.  Cairo International Airport, Mesir
Posisi keenam dihuni oleh bandara tersibuk di Mesir. Bandara yang memiliki kode CAI ini memiliki menara ATC dengan ketinggian 361ft atau jika dikonversi ke satuan meter akan sama dengan 110 meter.

5. Guangzhou Baiyun International Airport, Cina
Bandara dengan menara ATC tertinggi di Cina ini memiliki ketinggian yang sama dengan Cairo International Airport, yaitu setinggi 361ft atau setara dengan 110 meter. Dari atas sini, Anda dapat melihat pemandangan sejauh 15km persegi.

4. Haneda International Airport, Jepang

Sumber: airport-technology.com

Menara ATC baru milik Bandara Haneda, yang dibuka pada bulan Januari 2010 ini memiliki ketinggian 115,7 meter (380ft) dan menjadikannya menara ATC tertinggi keempat di dunia. Padahal, sebelum menara baru ini dibangun, menara yang lama tercatat lebih tinggi 38m.

3. Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport, Amerika
Bandara yang tercatat sebagai bandara tersibuk dunia ini memiliki ketinggian menara ATC yang cukup fantastis, yaitu 398ft atau setara dengan 121,31 meter. Setiap harinya, menara ini memantau kurang lebih 2500 kedatangan dan keberangkatan dari berbagai provider penerbangan.

2. Kuala Lumpur International Airport, Malaysia

Sumber: airport-technology.com

Posisi kedua diisi oleh bandara dari negeri tetangga, Malaysia. Menara yang berbentuk sepeti obor olimpiade ini memiliki ketinggian 426ft. Dengan ketinggiannya yang setara dengan 130 meter ini, menara ATC mampu memantau sebanyak 120 penerbangan setiap jamnya.

Baca Juga: Wow! Bandara-Bandara Ini Memiliki Restoran Bintang 5 di Dalamnya

  1. Suvarnabhumi International Airport, Thailand
    Dan, inilah bandara yang memiliki menara ATC tertinggi di dunia. Bandara yang kerap kali disebut New Bangkok International Airport of Thailand ini memiliki ketinggian 434ft atau setara dengan 132,2 meter. Walaupun bandara ini dinominasikan sebagai empunya menara ATC tertinggi di dunia, namun jumlah penerbangan yang di-handle oleh bandara yang memiliki kode BKK ini tidak sebanyak Kuala Lumpur International Airport, yaitu hanya 76 penerbangan per-jamnya.