Mau Travelling, Ini Tips Buat Melipat Pakaian Yang Hemat Tempat!

0
Sumber: youtube

Membawa pakaian lebih saat berlibur memang menjadi pilihan beberapa orang, mengingat baju tersebut bisa saja digunakan dalam keadaan tidak terduga, seperti kehujanan atau kondisi lainnya. Namun, permasalahan muncul ketika tas yang Anda gunakan tidak mampu menampung baju cadangan tersebut. Sebenarnya, ada beberapa trik khusus yang dapat digunakan untuk menyusun baju-baju tersebut sehingga tidak memakan tempat terlalu banyak.

Baca juga: Agar Perjalanan Nyaman, Packing Pakaian Itu Harus Efisien

Salah satu cara yang dianggap efektif untuk membawa pakaian-pakaian tersebut adalah dengan cara menggulungnya. Trik ini biasa digunakan oleh militer AS ketika hendak melakukan perjalanan jauh. Menggulung pakaian merupakan cara tepat untuk memasukkan lebih banyak barang ke dalam tas Anda, tanpa harus khawatir akan kelebihan beban. Cara ini dapat diaplikasikan ke hampir seluruh jenis pakaian, dari mulai kaos, kemeja, celana panjang, hingga sweater. Salah satu kunci keberhasilan dari cara ini adalah dengan menghaluskan permukaan pakaian Anda saat menggulungnya.

Pakaian berjenis kaos merupakan salah satu pakaian yang paling mudah untuk digulung, mengingat ukurannya yang tidak terlalu besar dengan bahan yang cukup tipis. Untuk mengaplikasikannya,lipat kaos hingga membentuk persegi, putar kaos dengan bagian leher menghadap ke bawah, lalu mulailah menggulungnya secara perlahan. Jangan lupa untuk merapikan bagian dalam kaos yang sedang digulung untuk menghindari kaos tersebut tidak rapi.

Hal serupa juga dapat diaplikasikan pada pakaian lain, tidak terkecuali untuk celana jeans. Cara pengaplikasiannya pun hampir serupa dengan menggulung kaos. Pertemukan kedua bagian kaki dari celana jeans Anda (lipat memanjang), dan mulailah melipat dari bagian bibir celana terlebih dahulu. Selalu rapikan bagian dalam pakaian yang sedang Anda gulung. Untuk kemeja lengan panjang, Anda harus lebih berhati-hati dalam menggulungnya, karena bahan kemeja yang mudah kusut. Cara menggulungnya pun sama dengan kaos, yaitu lipat kemeja secara memanjang dengan bagian lengan terlipat ke dalam, lalu mulailah menggulungnya dari bagian kerah terlebih dahulu. Tidak terkecuali, pakaian dalam pun dapat Anda gulung untuk memaksimalkan ruang yang ada di tas Anda.

Anda juga dapat menggunakan tas kecil atau kantong untuk kaos kaki serta pakaian dalam, untuk menghindari pakaian kecil tersebut tercecer saat hendak digunakan. Setelah semua pakaian tergulung rapi, saatnya untuk mengemasnya ke dalam tas. Biasakan untuk menempatkan pakaian dengan beban dan ukuran yang besar, seperti sweater dan celana jeans pada bagian dasar tas. Ini bertujuan agar pakaian tersebut tidak menumpuk pakaian lain yang berukuran lebih kecil, dan tidak menutup kemungkinan akan merusak gulungan pakaian lain yang berada di bawahnya.

Sesampainya ditujuan, usahakan langsung gantung baju-baju penting Anda seperti kemeja dengan menggunakan gantungan baju, ini bertujuan untuk menghindari kemeja kusut karena berada dalam gulungan terlalu lama.

Leave a Reply