Media Kiosk, Vending Machine Mutakhir Yang Dipasang di Pra-Sarana Transportasi

Sumber: plasticsinpackaging.com

Jika selama ini kita melihat mesin penjual (vending machine) menjajakan tiket, koran, dan minuman, kini satu lagi varian vending machine yang siap meramaikan dunia perbisnisan. Adalah BMC Universal Technologies, sebuah perusahaan asal Kanada yang bergerak di bidang vending machine yang menggabungkan kecepatan, kenyamanan, dan personalisasi untuk menciptakan sebuah vending machine terbaru.

Baca Juga: Geser Yang “Manual,” Selamat Datang Era Robotika di Bandara

Adalah Media Kiosk, sebuah vending machine yang menjajakan beragam jenis permen yang bisa kita pilih sesuai selera dan keluar dalam bentuk bungkusan. Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman plasticsinpackaging.com (28/9/2017), mesin ini tidak hanya bisa menjual, tapi juga mempromosikan merek, dan mengumpulkan data para penggunanya. Kelebihan inilah yang akhirnya menjadi daya tarik Media-Kiosk di sebuah pagelaran bertajuk Pack Expo di Las Vegas, yang diadakan tanggal 25 hingga 27 September kemarin. Dengan kata lain, mesin ini menggabungkan pemasaran digital dengan ritel otomatis.

Dengan menggunakan vending machine ini, konsumen bisa bebas memilih dari delapan pilihan produk yang tersedia di dalam wadah yang diberi nama “bins”. Setelah menentukan pilihan, vending machine tersebut akan membungkus permen-permen pilihan Anda dengan menggunakan mesin pemanas sehingga Anda bisa membawanya sebagai buah tangan. Waktu yang dibutuhkan dari mulai Anda memasukkan koin hingga permen-permen pilihan Anda keluar dari mesin ini diperkirakan kurang dari satu menit. Sejatinya sebuah vending machine, para pengguna bisa melihat beragam pilihan permen dari sebuah kaca display.

Seperti yang sudah disebut di atas, mesin ini juga dapat mengumpulkan data para penggunanya. Teknologi yang terpasang di vending machine ini mampu melacak jenis kelamin, tinggi badan, perkiraan usia, dan lain sebagainya. Teknologi pengumpulan data konsumen akan bersinergi dengan fungsi lain dari mesin ini yaitu memasarkan produk. Setelah data pengguna terkumpul, maka mesin akan menampilkan iklan yang sesuai data pengguna. Untuk masalah pembayaran, para pengguna bisa menggunakan kartu debit, kartu kredit, kartu pelajar, uang tunai (kertas atau koin), hingga kartu hadiah.

Baca Juga: Baidu Rambah Teknologi Pengenalan Wajah di Bandara

Robert Schwarzli, wakil presiden pengembangan produk mengatakan mesin ini dikembangkan selama enam tahun dan siap melayani para penggunanya. Selain itu, Robert juga menjelaskan bahwa mesin ini cocok bila dipasang di beragam pra-sarana transportasi seperti stasiun, bandara, halte bus, dan sarana publik lainnya, seperti bioskop dan kampus. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa vending machine ini bisa diisi dengan beragam ritel lainnya, seperti sereal, oabt-obatan, dan makanan ringan.

Tentu, dengan hadirnya mesin ini di pra-sarana transportasi dapat memudahkan penumpang yang hendak jajan untuk bekal perjalanan. Dengan waktu penyajian kurang dari satu menit, diperkirakan penumpang akan lebih bisa menghemat waktu pra-perjalanan.