Melancong ke Hong Kong? Jangan Lupa Octopus Card

Octopus card bisa diggunakan di berbagai transportasi umum Hong Kong

Melancong ke suatu negara, tak lupa dengan segala hal yang bisa memudahkan saat berada di sana. Salah satunya adalah menjadi lebih hemat dengan menggukan kartu yang bisa digunakan dimana dan kapan saja terlebih untuk transportasi.

Baca juga: Eksistensi Peak Tram Hong Kong, Dulu dan Sekarang!

Hong Kong, salah satu destinasi pilihan pelancong ini memiliki sistem transportasi yang cukup lengkap dan mumpuni. Sebab ada berbagai moda transportasi tersedia seperti Mass Transit Railways atau MTR, bus, ferry, trem, minibus, taksi dan lainnya.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber bahwa setiap moda transportasi ini memiliki rute dan tarif masing-masing. Terkadang tarifnya pun tidak bulat dan membuat Anda susah dengan mencari yang receh yang pas setiap kali naik bus atau trem di sana.

Nah, untuk menghindari hal itu Hong Kong membuat pelancong mudah dengan sebuah kartu bernama Octopus. Kartu ini menjadi wajib dimiliki pelancong yang akan berkeliling Hong Kong tanpa perlu repot membawa uang receh.

Sebenarnya kartu ini juga bisa digunakan selain moda transportasi yakni toko, restoran, supermarket, toko roti, mesin penjual otomatis atau vending machine dan masih banyak lagi. Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni hanya dengan men-tap kartu tersebut di media pembaca kartu di tempat yang sudah disediakan.

Untungnya sensor kartu dan media pembacanya juga sensitif sebab dengan hanya mendekatkan tas atau dompet, kartu Octopus tersebut bisa dibaca mesin. Dengan kartu ini, terkadang ada harga lebih murah atau potongan harga dibandingkan dengan membayar menggunkan uang tunai.

Jangan lupa meski bisa digunakan dibanyak tempat, Octopus card tidak bisa digunakan pada taksi. Sebagai pelancong yang akan berkeliling Hong Kong, kartu ini cukup mudah didapatkan yakni di Bandara Internasional Hong Kong tepatnya di couter Airport Express baik di dalam maupun luar bandara.

Salah satu counter ini ada di Terminal1 HK Airport setelah keluar dari imigrasi hall A dan B. Octopus card juga bukan hanya satu jenis tetapi ada berbagai jenis tergantung usia pengguna karena setiap moda transportasi Hong Kong memberikan tarif berbeda.

Biasanya tarif transportasi umum Hong Kong untuk anak-anak dan lansia atau lanjut usia adalah setengah dari tarif dewasa. Untuk pembeliannya harga Octopus card dewasa HKD150 dengan deposito HKD50 dan saldo HKD100, anak-anak dan lansia HKD70 dengan deposito yang sama dengan kartu dewasa dan saldo kartu HKD20.

Tenang saja untuk mengisi alias top up nya pun mudah, pelancong bisa mendatangi customers service atau value machine (mesin isi ulang) di stasiun-stasiun MTR terdekat. Selain itu juga bisa mengisi Octopus card tersebut di minimarket atau supermarket, bahkan juga bisa di isi di restoran fast food.

Baca juga: Disneyland Resort Line Hong Kong, Kereta Khusus dengan Nuansa Mickey Mouse

Untuk wisatawan yang hanya singgah beberapa hari di Hongkong dan tidak ingin menyimpan kartu ini, juga bisa mengembalikannya di pusat layanan stasiun MTR atau di bandara. Sisa nilai yang ada di kartu (termasuk deposit) bisa di tarik kembali.

Bisa dikatakan kalau di Indonesia kartu ini semacam Brizzi, E-Money ataupun Flazz yang bisa digunakan di beberapa moda transportasi bahkan untuk pembayaran gerbang tol.