Memahami Penyebab Mabuk Laut dan Cara Mengatasinya

0

Mabuk, bisa saja dirasakan oleh semua orang saat menggunakan transportasi darat, laut maupun udara. Dan salah satu yang lumayan sering dialami adalah mabuk laut ketika kita sedang berada di kapal, tak mesti kapal besar atau kapal kecil, mabuk laut dapat menerjang kapan dan dimana saja, menjadikan perjalanan yang seharusnya menyenangkan jadi terganggu.

Mabuk laut biasanya terjadi ketika badan, telinga dalam, dan mata kita mengirimkan sinyal yang berlainan pada otak. Karena sinyal yang dikirimkan berbeda, membuat otak mengalami kekacauan dan stimulasi visual menjadi keliru ketika melihat barang yang tak bergerak seakan seperti berayun-ayun.

Pada fase mabuk, akibat kehilangan keseimbangan dari perintah otak, seseorang akan merasa mengantuk, pusing, mual dan akhirnya muntah. Biasanya semua ini bisa terjadi karen tubuh seseorang belum benar-benar beradaptasi dengan situasi yang tiba-tiba seperti gejala tersebut. Ada beberapa hal yang membuat seseporang mabuk laut yakni seperti posisi duduk yang dipilih, kekenyangan ataupun perut kosong hingga sugesti.

Untuk menghindari semua itu, lebih baik memilih tempat duduk di bagian tengah kapal di bandingkan di depan atau paling belakang. Biasanya bagian depan atau belakang kapal akan terkena goncangan yang lebih kuat dibanding duduk di tengah. Untuk pengguna kapal laut atau transportasi laut lainnya, biasakan makan secukupnya jangan sampai terlalu kosong atau terlalu kekenyangan.

Sedangkan seseorang yang mabuk karena tersugesti karena orang disebelahnya mabuk dan muntah, lebih baik untuk berpindah duduk. Karena dengan melihat mimik seseorang yang mabuk dan mencium bau muntah akan membuat kita menjadi mual. Tak hanya itu, kita juga disarankan untuk tidak fokus pada benda yang diam seperti membaca buku, chatting, memakai teropong dan duduk di dekat mesin kapal. Sebaliknya disarankan untuk melihat garis yang berbentuk horisontal, ini bisa mengirimkan sinyal ke otak bahwa kita berada di kapal yang sedang berayun di terpa gelombang air laut.

Bila seseorang mabuk, bila membawa obat anti mabuk segerakan diminum agar menghilangkan mual. Bila tidak membawa, kita bisa merendam kaki dengan air es ataupun memasang karet pada pergelangan tangan sembari tiduran. Selamat mencoba.

Leave a Reply