Mendarat Darurat, Pesawat Cessna Gilas Dua Orang di Pantai Caparica

Terjadi sebuah kecelakaan pesawat di Lisbon, Portugal pada Rabu (2/8/2017) lalu dan menewaskan dua orang yang sedang berjemur. Diketahui korban seorang pria berusia 56 tahun dan seorang anak perempuan berusia 8 tahun. Sebuah pesawat ringan tiba-tiba mendarat secara darurat di pantai yang populer di jadikan tempat berjemur yakni Caparica.

Baca juga: 10 Bandara Ini Punya Landasan Paling Ekstrim

Dilansir KabarPenumpang.com dari globalnews.ca (2/8/2017), saat itu ratusan orang sedang berjemur dan saksi mata mengatakan, beberapa orang yang berjemur berlarian menuju ke laut untuk menghindari pesawat yang tiba-tiba mendarat. Otoritas Maritim Nasional mengatakan, dari kecelakaan ini seorang pria dan gadis meninggal di pantai itu. Waktu kejadian yakni sekitar pukul 04.50 sore waktu Lisbon.

“Kelekaan tersebut terjadi sangat cepat, sehingga tidak banyak waktu untuk mempersiapkan diri dan berlari,” ujar juru bicara Otoritas Maritim Nasional. Kedua korban saat itu sedang berjemur di atas handuk mereka sebelum tiba-tiba pesawat tersebut mendarat secara darurat dan melindas keduanya. Selain korban meninggal, belum diketahui apakah ada korban luka lainnya.

Baca juga: Lima Penyebab Umum Terjadinya Kecelakaan Pesawat

Dilaporkan, pesawat tersebut adalah jenis Cessna bermesin tunggal yang membawa dua orang dan tengah mengalami kesulitan navigasi, pesawat tak terkendali serta meluncur rendah sehingga menyebabkan kepanikan di pantai. Terlihat pula sayap kiri pesawat kecil tersebut rusak dan menggantung lebih rendah dari sayap kanan. Kedua penumpang pesawat tersebut selamat dan atas kejadian ini, keduanya kemudian diinterogasi oleh pihak kepolisian.

Dalam kejadian ini, mengingatkan ada beberapa bandara yang memiliki landasan terekstrim seperti bandara Barra di Skotlandia yang memiliki landasan pacu di pantai. Tak hanya itu, Princess Juliana Airport di Saint Maarten, Belanda juga memiliki landasan pacu yang berdekatan dengan pantai tempat para wisatawan berjemur. Untungnya, walaupun dekat dengan pantai, maskapai yang mendarat di bandara ini belum pernah mengalami kegagaan baik saat lepas landas maupun mendarat, sehingga wisatawan yang berjemur bisa dengan tenang dan menikmati pemandangan.

Baca juga: Banyak Kecelakaan Tapi Bandara Ini Mendapat Award Bergengsi

Tetapi ada satu tempat yakni jalur landasan pacu 10 di Princess Juliana Airport yang biasa digunakan oleh pesawat jet untuk lepas landas. Bila berada di sini, baiknya Anda berpindah karena buangan gas mesin jet pesawat terbang dapat mengakibatkan cedera serius bahkan hingga membuat tewas seseorang.