Monday, July 15, 2024
HomeDestinasiMengabadikan Kereta Api Sembari Menikmati Pemandangan Deretan Hutan Jati

Mengabadikan Kereta Api Sembari Menikmati Pemandangan Deretan Hutan Jati

Bagi sebagian orang tentu belum mengetahui dengan pemandangan yang mengagumkan satu ini. Berlokasi di kawasan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah memiliki panorama yang tak biasa. Bukan pemandangan bukit, gunung, atau bahkan hamparan sawah yang luas namun di area ini memiliki deretan pemandangan hutan jati yang sangat luas. Ya, kawasan Balapulang memang identik dengan hutan jatinya. Banyak jalan desa yang kecil ini melewati hutan jati tersebut, bahkan jalur kereta api juga mampu tembus melewati hutan tersebut.

Baca juga: Pernah Ada, Jalur Cirebon ke Kadipaten Hilang dan Hampir Sukar Dilacak

Terlihat cukup menyeramkan saat memasukinya memang, selain pohonnya yang lebat dan besar, hampir tak banyak warga yang berada bahkan melintas di jalan tersebut. Hanya terlihat beberapa orang yang sedang mencari kayu sisa dari penebangan pohon tersebut. Dari rasa penasaran tersebut, tim kabarpenumpang.com mencoba untuk berkunjung ke kawasan hutan jati yang berada di Desa Veteran, Balapulang, Tegal, Jawa Tengah. Benar saja, saat melewati jalan setapak menggunakan sepeda motor, hanya terdengar suara gesekan daun jati akibat hembusan angin dan suara burung elang yang sesekali terdengar berkeliling hutan jati tersebut.

Saat melihat tanda bertuliskan “Awas Kereta Api Satu Jalur” perjalanan akhirnya tiba di spot untuk menagabdikan kereta api. Walaupun hanya 1 kereta saja yang didapat, namun saa tiba di lokasi, pemandangan yang mengagumkan pun terlihat. Deretan batang pohon jati yang mengering terlihat seperti diluar negeri. Pemandangan tak biasa ini dirasakan saat kereta api melintas. Deru kereta api dan suling lokomotif terdengar dari kejauhan. Dengan kecepatan diatas 60 km/jam kereta api pun melintas di lokasi spot yang diiringi hembusan angin yang membuat nyaman di tubuh. Lokasi ini berada di petak bekas Stasiun Balapulang dengan Stasiun Prupuk.

Baca juga: Alas Roban, Jalur Tengkorak Penuh Mistis di Jawa Tengah

Sayangnya, kereta api yang melintas di lokasi ini, sangat sedikit bahkan bisa dihitung. Hanya ada kereta api penumpang seperti KA Joglosemarkerto dan KA Kamndaka, serta untuk kereta api angkutan barang hanya KA BBM saja yang melintas. Jadwalnya pun sedikit yang melintas, hanya pada pukul: 06.24, 09.00, 10.45, 11.34, 11.59, 12.49, 13.29, 13.57, 18.33, 18.57, 22.23, dan 23.33. Bagaimana, tertarik mencoba spot luar biasa ini? (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru