Sering Ngantuk Padahal Cukup Tidur, Mungkin Inilah Sebabnya!

0

Rasa kantuk kadang bisa menjadi gangguan, apalagi jika kantuk hadir di jam-jam produktif. Kantuk yang menyerang juga bisa mengakibatkan banyak masalah seperti pekerjaan yang tertunda, lupa apa yang harus dilakukan, hingga yang parah menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: Serba-Serbi Rumble Strip, “Polisi Tidur Mini” Yang Kerap Dijumpai di Jalan Tol

Padahal di satu sisi, Anda adalah orang yang memiliki waktu tidur cukup dan tidak pernah begadang. Mungkin jika Anda begadang merasa ngantuk di wajarkan, tapi jika tidur cukup dan masih merasa ngantuk ada sesuatu hal yang tak wajar. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai sumber, ada berbagai macam hal yang menyebabkan Anda sering mengantuk walaupun tidur cukup.

1. Punya beban pikiran 
Bila normalnya seseorang yang mengantuk ada masalah kesehatan fisik, tapi juga tidak menutup kemungkinan kondisi hati atau perasaan sedang kurang baik pula. Mungkin Anda punya beban pikiran yang cukup banyak baik itu keluarga maupun soal asmara.

2. Kurang darah
Kurang darah atau anemia bisa menyebabkan lemah, letih, lesu, lelah, lunglai dan lemas. Kantuk sendiri juga bisa terjadi karena anemia. Sebab biasanya kekurangan darah juga menyebabkan kurangnya zat besi dalam tubuh. Sehingga sel darah merah yang di perlukan untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh juga berkurang sehingga kantuk menyerang.

3. Kurang olahraga dan aktivitas paling banyak duduk
Sebagian besar masyarakat modern lebih banyak duduk di depan laptop atau komputer. Bukan hanya pekerja kantoran, pelajar pun juga sering. Sebenarnya kebanyak duduk tidaklah menyehatkan, apalagi seharian dengan jangka waktu delapan jam atau lebih.

Lebih banyak duduk dan kurang olahraga bisa mengakibatkan kurang lancarnya perdaran darah sehingga oksigen ke otak tidak banyak. Untuk itu, baiknya lakukan gerakan olahraga ringan untuk membantu memperlancar aliran darah.

4.Terjangkit diabetes
Pederita diabetes memiliki kadar glukosa yang tinggi. Efeknya adalah tubuh lebih mudah mengantuk dan lelah. Ini bisa terjadi pada Anda karena asupan tinggi karboohidrat dan gula dalam makanan dan kemungkinan kantuk Anda karena diabetes.

5. Tubuh kekurangan cairan
Air adalah kebutuhan terpenting dalam kehidupan. Biasakan minum air putih jangan minum minuman lain. Bila Anda mengalami dehidrasi, metabolisme tubuh kurang optimal, kecepatan jantung melambat untuk mengirim oksigen dan sulit konsentrasi karena 85 persen otak terdiri dari air.

Baca juga: Aplikasi ini Dirancang Untuk Sadarkan Pengemudi Lelah dan Mengantuk

6. Kebanyakan makan
Makan yang berlebihan atau sampai kekenyangan bisa juga menyebabkan kantuk. Sebab makanan yang banyak masuk dalam tubuh, insulin yang dibutuhkan juga harus banyak. Sedangkan pankreas tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Sehingga tubuh kelelahan karena beban terlalu berat untuk di olah dan memberikan reaksi mengantuk untuk mengolah semua makanan.

Leave a Reply