Mengenal Bakauheni, Pelabuhan Utama Penghubung Transportasi ke Sumatera

0

Bakauheni, pelabuhan yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera ini menjadi salah satu jalur penyeberangan teramai di Indonesia. Adanya pelabuhan Bakauheni mendekatkan jalur penyeberangan laut dari Pualu Jawa di Merak menuju ke Pulau Sumatera, begitu pun sebaliknya.

Merujuk ke asal muasalnya, Pelabuhan Bakauheni dibangun pada 1970 oleh Dinas Perhubungan. Sebelum pelabuhan Bakauheni rampung pembangunannya, pelabuhan Srengsem digunakan sebagai pelabuhan bayangan. Pada 1980, Bakauheni mulai beroperasi yang dikhususkan untuk penyeberangan ferry. Pelabuhan ini adalah pasangan Pelabuhan Merak di Pulau Jawa melalui Selat Sunda.

rev-3

Pelabuhan yang memiliki 6 dermaga ini tak jauh berbeda dengan Merak. Di Bakauheni ada 3 dermaga yang memiliki gang way atau jembatan yang digunakan penumpang menuju ke kapal. Sedangkan dermaga 4 digunakan oleh perusahaan swasta, namun saat ini sudah tidak aktif lagi. Untuk dermaga 5 dan 6 digunakan untuk mobil dan angkutan berat. Di kedua dermaga ini, saat masuk gate ada timbangan yang belum lama di copot oleh pihak pengelola PT ASDP Indonesia Ferry dan saat ini sedang dalam proses pemasangan kembali.

Memang banyak perbedaan dengan pasangannya di Merak, di Bakauheni pelabuhan ini lebih luas dibandingkan Merak. Ruang tunggu penumpangnya lebih luas dan hanya memiliki satu lantai. Gate masuk penumpang yang lebih banyak dan memiliki fasilitas yang sama dengan Merak. Tak hanya itu, terminal juga berada di dalam kawasan pelabuhan, sayangnya di Bakauheni tidak ada jalur untuk kereta seperti di Merak.

pelaburan-merak-kapal-feri-bakauheni-nih2

Tak hanya itu, Bakauheni memiliki keunikan yang sangat menonjol dibandingkan Merak. Di Bakauheni ada Sea Port, yakni pos perkumpulan polisi Sumatera khususnya Lampung untuk menangani penggeledahan terhadap barang bawaan, terkhusus narkotika dan penyelundupan hewan-hewan langka. Dan sampai saat ini terbukti sudah banyak penumpang yang ditangkap karena perbuatan yang dilakukan dengan membawa barang-barang terlarang tersebut.

Biasanya barang-barang terlarang itu akan dikirim dari Sumatera atau dari negara lain yang masuk ke Sumatera untuk di kirim ke Pulau Jawa. Hal ini bisa terjadi karena, pelabuhan Bakauheni-Merak berada di jalur pelayaran internasional. Ada kemungkinan di tahun-tahun mendatang Bakauheni yang sudah berkembang pesat sejak dibangun akan menjadi pelabuhan internasional.

Leave a Reply