Mengenal Jasa Penerbangan Charter di Indonesia

0
www.eastindo.com

Pesawat bukanlah hanya digunakan untuk mengangkut penumpang secara komersial melalui maskapai yang menangani penerbangan baik domestik maupun internasional atau peritis. Di Indonesia, juga memiliki operator charter pesawat  dan helikopter yang bisa Anda gunakan secara pribadi dan biasanya maskapai-maskapai ini tidak menggunakan jadwal reguler dalam penerbangannya.

Pesawat-pesawat charter biasanya masuk dalam Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional (Inaca). Saat ini diketahui ada 48 operator penerbangan bisnis dan charter baik untuk mengangkut penumpang ataupun kargo. Dilansir dari Wikipedia, ada beberapa maskapai tak terjadwal di Indonesia baik itu untuk mengangkut penumpang ataupun kargo. Terkadang banyak yang berpikiran pesawat charter hanya untuk kepentingan pribadi padahal masih banyak keguanaannya.

Berikut dilansir dari Wikipedia, ada beberapa perusahaan yang menangani pesawat ataupun helikopter charter.

1. Airfast Indonesia
Perusahaan ini memiliki pesawat dan helikopter untuk di charter pribadi. Kantor Airfast Indonesia berada di Tangerang, keberangkatan melalui Terminal C Bandara Soekarno-Hatta. Ada dua tipe pesawat yang di sewa yakni Jet Aircraft yang terdiri dari Boeing 737-200, Embraer 135 Legacy, MD 82, MD 83. Selain itu ada tipe Tuboprop yakni Casa 212-200, DHC6-300 Twin Otter dan DHC-4000 Twin Otter. Kisaran harga Airfast dari Rp263 ribu hingga Rp379 ribu untuk perjalanan Sumenep-Surabaya, Karimunjawa-Surabaya, dan Bawean-Surabaya. Jadwal perjalanannya pun untuk penyewaan Senin-Kamis, untuk Jumat-Minggu, maskapai charter ini tidak ada rute terbang.

2. East Indonesia Airtaxi dan Charter Service
Bermarkas di Bandara Halim Perdana Kusuma, maskapai ini menghadirkan dua macam pesawat charter tipe Beechcraft B1900D PK-RGA & PK-RGD dan Britten-Norman PK-RGP & PK RGQ. Tak hanya itu, ada helikopter tipe Airbus Helicopter AS350B3E PK-RGG and Airbus Helicopter AS350B2 PK-RGH.

3. Galuh Pratama Service
Maskapai satu ini melayani pesawat dan helikopter untuk jasa wisata udara ataupun penggunaan lainnya. Berkantor di Bandara Juanda ada tiga macam helikopter yang dimiliki yakni Bolkow NBO-105, Puma SA-330 J, Super Puma AS 332. Tak hanya itu, maskapai ini memiliki dua pesawat lainnya yakni Cassa-212 dan Dash-7.

4. Gatari Air Service
Perusahaan penyewaan pesawat di Bandara Halim Perdana Kusuma ini menyewakan pesawat tipe Fokker ATR 42-500 dan helikopter Bell 212, Kawasaki BK-117-B1 dan Bel 412EP.

www.gatariair.com
www.gatariair.com

5. Indonesia Air
Menghadirkan dua macam pesawat tipe ATR 42-500 dan Embraer Legacy 600. Serta dua helikpter tipe Airbus Helicopter EC155-B1.

6. Intan Angkasa Air Service
Hanggar dan markas Intan Angkasa berada di Cibitung, Bekasi. Maskapai ini memiliki beberapa jenis helikopter yang bisa di charter atau disewa secara pribadi kurang lebih 10 jenis.

7. Susi Air
Maskapai milik Menteri Kelautan dan Perikanan ini, memiliki sembilan macam pesawat yang bisa di charter yakni Piaggio Avanti II, Cessna Grand Caravan, Pilatus Porter, LET 410, Air Tractor, Diamon Twin Stara, Piper Archer, Agusta Grand dan Agusta Koala.

Susi Air
Susi Air

8. Surya Air
Perusahaan pesawat charter ini adalah milik anak perushaan PT Gudang Garam Tbk. Dalam penanganan charternya, perusahaan ini lebih menggunakan helikopter dengan fasilitas mewah.

Surya Air
Surya Air

9. Transwisata Prima Aviation
Perusahaan yang menyediakan charter pesawat jet, baling-baling dan helikopter ini bermarkas di Bandara Halim Perdana Kusuma.

10. Whisteky Aviation
Menyewakan pesawat dan helikopter tipe Bell-407, Bell-429 dan Cessna-402B.

Dengan adanya pesawat atau helikopter sewaan, setiap lembaga atau orang pribadi bisa merasakan privasi. Tak hanya itu, baik pesawat ataupun helikopter ini juga bisa digunakan dan disewa untuk bantuan kemanusiaan seperti kebakaran hutan, banjir bandang atau hal lainnya.

Leave a Reply