Thursday, June 13, 2024
HomeAnalisa AngkutanMengenal Jenis dan Kapasitas Sekoci (Perahu Penyelamat) di Kapal Penumpang

Mengenal Jenis dan Kapasitas Sekoci (Perahu Penyelamat) di Kapal Penumpang

Ada berapa jenis sekoci atau perahu penyelamat pada kapal permukaan akan sangat bergantung pada jumlah atau kapasitas penumpang di dalamnya. Logikanya, semakin besar kapal dengan penumpang mencapai ribuan, maka selain bicara kuantitas sekoci, maka sekoci juga akan dipersiapkan dengan jenis-jenis yang berbeda, menyesuaikan pada desain kapal itu sendiri.

Baca juga: Langkah-Langkah Ini Akan Mudahkan Proses Evakuasi Saat Kapal Mengalami Kecelakaan!

Selain bergantung pada desain kapal, jenis berbeda pada sekoci kapal juga tergantung pada peraturan maritim, dan peralatan penyelamatan yang tersedia. Beberapa tipe umum sekoci dapat ditemui di kapal penumpang meliputi jenis ini:

1. Sekoci Konvensional
Ini adalah perahu penyelamat yang umum dan biasanya berbentuk seperti perahu kecil dengan badan yang stabil dan kemampuan untuk mengangkut sejumlah penumpang. Mereka dapat dilengkapi dengan mesin atau berperan sebagai perahu angkat jika dibutuhkan.

Kapasitas sekoci konvensional bisa berkisar dari sekitar 20 hingga 150 orang atau bahkan lebih, tergantung pada ukuran dan desainnya. Beberapa sekoci konvensional mungkin lebih besar dan dirancang untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang lebih besar.

2. Sekoci Angkat (Lifeboat with Davit)
Sekoci jenis ini diangkat dan ditempatkan di atas kapal dengan bantuan sistem davit atau crane. Mereka sering memiliki kapasitas penumpang yang lebih besar daripada sekoci konvensional. Sekoci ini dapat mengangkut sekitar 50 hingga 150 orang atau lebih.

Sekoci tempat ditemukan mayat wanita tua (Daily Mail)

3. Sekoci Tangki (Lifeboat with Tank)
Sekoci ini biasanya berbentuk tabung dan dapat diisi dengan air atau udara untuk menjaga stabilitas dan mengapung di permukaan air. Mereka digunakan dalam situasi darurat dan sering digunakan sebagai tambahan untuk sekoci konvensional.

4. Sekoci Terapung (Inflatable Liferaft)
Ini adalah perahu penyelamat yang terbuat dari bahan tahan air yang dapat diisi dengan udara dalam situasi darurat. Mereka biasanya kompak dan dapat digunakan sebagai perahu penyelamat darurat. Kapasitas sekoci terapung dapat bervariasi dari sekitar 4 hingga 25 orang.

Baca juga: Fakta! Titanic Saat Kecelakaan Ternyata Tak Punya Cukup Sekoci untuk Selamatkan Penumpang

5. Sekoci Self-Righting
Sekoci jenis ini dirancang untuk dapat mengalami terbalik dan kemudian kembali ke posisi yang benar. Ini membantu menjaga agar perahu tetap mengapung dan dapat digunakan dalam situasi yang ekstrem. Kapasitas sekoci self-righting biasanya sekitar 10 hingga 25 orang.

6. Sekoci Darurat (Abandon Ship Lifeboat)

Abandon Ship Lifeboat

Ini adalah sekoci yang siap digunakan dalam situasi darurat ketika kapal perlu ditinggalkan dengan cepat. Mereka biasanya ditempatkan di dek atas dan dapat diakses dengan cepat oleh penumpang dan kru. Kapasitas sekoci darurat biasanya sekitar 20 orang.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru