Mengenal Purser, Awak Kabin dengan Tanggung Jawab Besar Terbesar dalam Penerbangan

0
ilustrasi seorang purser

Seseorang mencapai level manajer kabin atau purser adalah sesuatu yang bisa dan mungkin sangat dibanggakan. Namun, tanggung jawab yang diemban pun semakin banyak dan berat. Biasanya purser akan mewakili maskapai dan bertanggung jawab atas semua masalah di dalam pesawat dengan layanan pelanggan serta keselamatan.

Baca juga: Seragam Pramugari Garuda, Beda Warna, Beda Pula Arti dan Jabatannya

Selain itu juga bertanggung jawab untuk memotivasi tim kabin agar melakukan yang terbaik supaya penumpang mendapatkan penerbangan yang nyaman dan menyenangkan. Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Bahkan seorang purser juga perlu memastikan bahwa kru kabin melakukan semua yang mereka bisa untuk meningkatkan penjualan barang bebas bea dalam penerbangan.

Selama penerbangan, purser akan melapor langsung ke pilot. Namun ini tergantung pada struktur maskapai mereka di mana mungkin memiliki asisten dan wakil pilot yang akan melapor langsung kepada pilot dan purser akan melapor kepada mereka.

Sedangkan saat ketika di darat, purser akan menjadi bagian penting dari tim manajemen dan biasanya akan diharapkan untuk mengambil bagian dalam proses pengambilan keputusan penting untuk mendapatkan yang terbaik dari tim awak kabin Anda. Manajer awak kabin akan dilibatkan dalam perencanaan jadwal dan pengarahan tim sebelum penerbangan.

Untuk menjadi seorang purser, seorang awak kabin harus memiliki pengalaman sebelumnya sebagai anggota awak kabin senior. Jika berhasil, maka akan diberikan pelatihan ekstensif lebih lanjut. Lamanya pelatihan ini berbeda di antara maskapai penerbangan, tetapi perusahaan seperti British Airways saat ini menyediakan kursus pelatihan wajib enam minggu untuk semua manajer kabin yang baru diangkat.

Pelatihan ini harus mencakup pengarahan kesehatan dan keselamatan lebih lanjut; pelatihan keamanan, pengembangan manajemen dan keterampilan kepemimpinan. Manfaat penerbangan juga meningkat saat awak kabin naik pangkat menjadi purser.

Beberapa maskapai penerbangan menawarkan pemesanan premium terjamin saat terbang untuk rekreasi dan dengan tambahan upgrade yang lebih tinggi mungkin tersedia. Jika awak kabin mempertimbangkan untuk melamar posisi purser, maka sekarang harus terbiasa dengan jam kerja anti sosial dan pola kerja yang aneh.

Baca juga: Intip Dibelakang Layar Pelatihan Awak Kabin Emirates

Purser juga bisa disebut penjaga kapal dan merupakan orang di atas kapal yang pada prinsipnya bertanggung jawab atas penanganan keuangan. Di kapal dagang modern, purser adalah petugas yang bertanggung jawab atas semua administrasi (termasuk kargo kapal dan manifes penumpang) dan pasokan para juru masak serta pelayan.

LEAVE A REPLY