Mengunyah Permen Karet Dapat Redakan Dengungan di Pesawat, Kok Bisa?

Ilustrasi Telinga Berdengung. Sumber: audiocentros.com

Bagi Anda yang pernah bepergian menggunakan pesawat, mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami dengungan yang hebat pada telinga, terutama ketika si burung besi melakukan take off dan landing.

Baca Juga: Muncul Dengung di Telinga? Jangan Panik, Atasi dengan Cara Tradisional

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman getawaytips.azcentral.com, fenomena ini akrab disebut Airplane Ear. Dimana dengungan tersebut disebabkan oleh perbedaan tekanan udara di tempat tinggi dengan tempat rendah, dimana tempat tinggi memiliki lapisan udara yang semakin tipis akibatnya tekanannya menjadi rendah. Tentunya, hal ini dapat mengganggu perjalanan Anda, atau bahkan yang lebih parahnya lagi, dengungan tersebut tidak jarang disertai rasa mual ingin muntah.

Beberapa ahli menyarankan untuk menelan ludah berkali-kali hingga dengungan tersebut hilang dengan sendirinya. Namun ada juga yang berpendapat bahwa dengungan tersebut dapat dihilangkan dengan cara mengunyah permen karet. Lalu, apa hubungannya mengunyah permen karet dengan menghilangkan dengungan pada telinga ketika mengudara?

Para ahli berpendapat bahwa mengunyah permen karet dapat membantu menyamakan tekanan udara sehingga dengungan tersebut dapat berkurang secara bertahap, walaupun bukan permen karet itulah yang bekerja menghilangkan dengung.

Tindakan mengunyah dan menelan menggunakan otot di sekitar Eustachian Tube, berpotensi membuka jalur udara di bagian belakang rongga hidung Anda. Melakukan hal ini memungkinkan udara masuk atau keluar dari Eustachian Tube, membantu menyamakan tekanan dan mengurangi tekanan pada telinga bagian dalam dan voila, dengungan tersebut akan perlahan berkurang.

Tidak hanya permen karet, jenis permen lain pun akan memberikan efek yang serupa dengan permen yang tidak akan ada habisnya tersebut. Lain cerita jika Anda bepergian dengan anak kecil. Upayakan untuk memberi mereka minum ketika pesawat tengah take off dan landing, karena gerakan menelan yang mereka lakukan akan membuka Eustachian Tube.

Baca Juga: Kuping Berdengung Saat Take Off? Jangan Panik dan Pahami Penyebabnya

The Centers for Disease Control and Prevention menyarankan untuk mengkonsumsi Anti-Inflammatory atau Oral Pseudoephedrine setengah jam sebelum Anda mengudara. Dengan mengkonsumsi salah satu dari dua rekomendasi tersebut, dipercaya dapat mengantisipasi fenomena Airplane Ear.